Situs Anak Cinta Lingkungan / Website Kementerian Lingkungan Hidup

Penerbit:Jakarta, Asdep Urusan Edukasi dan Komunikasi Lingkungan, KLH, 2006, 2 hal
Tahun Terbit:Th. 2006
No. Klasifikasi:011.33 ASI s
Kata Kunci:pamflet, ACIL, situs anak, lingkungan
Lokasi:Perpustakaan AMPL
Kategori:Leaflet

ACIL merupakan tokoh anak-anak yang dijadikan maskot anak cinta lingkungan untuk membangkitkan minat anak-anak belajar tentang lingkungan hidup. Acil diasosiasikan sebagai anak yang cerdas, riang, usil, nakal, proaktif dan selalu ingin tahu. Ia selalu mengajak anak-anak lain untuk memperhatikan dan belajar tentang lingkungan. Dengan cara ini diharapkan anak-anak bisa mendapatkan informasi berkaitan dengan lingkungan hidup, baik berupa pengetahuan maupun pemahaman dasar tentang lingkungan.
 
Website ACIL dimaksudkan sebagai sarana belajar yang berisi informasi lingkungan hidup dan disajikan mengikuti cara berpikir anak.
 
Sedangkan di halaman berikutnya leaflet ini menguraikan tentang keberadaan website Kementerian Lingkungan Hidup yang bermaksud untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi tentang lingkungan hidup. Kewajiban ini secara eksplisit ditegaskan dalam pasal 5 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup, yang menyatakan bahwa:
1. Setiap orang mempunyai hak atas informasi lingkungan hidup yang berkaitan dengan peran dalam pengelolaan lingkungan hidup,
2. Dalam rangka pengelolaan lingkungan hidup Pemerintah berkewajiban menyediakan informasi lingkungan hidup dan menyebarluaskan kepada masyarakat.

Penyajian info dalam Website Kementerian Negara Lingkungan Hidup menggunakan pendekatan ‘minimalis dan text oriented”, dengan maksud untuk mempermudah dan mempercepat akses masyarakat di berbagai tempat dan perbedaan kemampuan teknologi yang dipakai. Website ini dapat dikunjungi di  : www.menlh.go.id/acil/
 



Post Date : 19 Juni 2008