Stop Buang Air Besar Sembarangan (Stop BABS): Pembelajaran dari Desa Lembak, Muara Enim Sumatera Selatan

Pengarang:Titik DP, Epenk (Ed)
Penerbit:Jakarta, Pokja AMPL, 1 DVD
No. Klasifikasi:363.72. 011.37 TIT s
Kata Kunci:DVD, sanitasi, succes story, Muara Enim
Lokasi:Perpustakaan AMPL, Telp. 021-31904113
Kategori:Compact Disc

Kesadaran akan pentingnya sanitasi di Indonesia masih relatif sangat rendah. Bantuan pemerintah berupa dana dan penyediaan sarana sanitasi ternyata tidak cukup menjamin bangkitnya kesadaran dan terjadinya perubahan perilaku pada masyarakat.

Berkaca dan belajar dari pengalaman negara tetangga (Bangladesh dan India) dalam mengatasi permasalahan sanitasi di negaranya, pemerintah Indonesia mencoba mengadopsi program CLTS (Community Led Total Sanitation) atau yang kini lebih kita kenal dengan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Pada tahun 2005 Pemerintah memulai uji coba pendekatan STBM di 6 (enam) daerah terpilih untuk tahap awal.

DVD ini berisi kisah sukses dari salah satu daerah uji coba yaitu Desa Lembak, Muara Enim, Sumatera Selatan dalam menjalankan program STBM yang berprinsip pada pemberdayaan masyarakat. Di mulai dari awal membangkitkan kesadaran masyarakat akan pentingnya sanitasi yang baik bagi kepentingan masyarakat sendiri, proses perencanaan, pemanfaatan, hingga pemeliharaan sarana sanitasi yang masyarakat buat sendiri. 



Post Date : 04 Februari 2008