Strategi Pengelolaan Sampah Permukiman dengan Pola Pendekatan Karakteristik Kawasan (Studi Kasus Kecamatan Cakranegara Kota Mataram)

Pengarang:I Wayan Winarta, Yulinah Trihadiningrum & IDAA Warmadewanthi
Penerbit:Jurnal Purifikasi, Vol6, No.2, Desember 2005
Tahun Terbit:Th. 2005
No. Klasifikasi:363.728 WIN s
Kata Kunci:karakteristik kawasan, pengelolaan, reduksi, sampah
Lokasi:Perpustakaan AMPL, Telp. 021-31904113
Kategori:Pedoman/Panduan

Saat ini kondisi kawasan permukiman Kecamatan Cakranegara mulai terpengaruh oleh permasalahan sampah. Pelayanan yang diberikan oleh Dinas Kebersihan belum mampu menjangkau secara maksimal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif eksploratif, dengan melakukan kajian terhadap konsep adat, budaya dan agama Hindu dalam kehidupan masyarakat di pusat kota kecamatan Cakranegara.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep adat, budaya dan agama Hindu yang digunakan sebagai dasar dalam mengelola sampah di pusat kota kecamatan Cakranegara adalah Tri Hita Karana yang mengandung pengertian kesejahteraan dan keserasian. Secara sosial budaya program kegiatan pengurangan dan pemanfaatan sampah dapat diterima untuk dilakukan dalam upaya menjaga keserasian hubungan manusia dengan lingkungannya. Dengan target keterlibatan masyarakat 2% per tahun di tingkat sumber sampah dan 10% per tahun di TPS maka dalam jangka waktu 5 tahun dapat mereduksi sampah yang diangkut ke TPA mencapai 46,99% melalui program daur ulang dan produksi kompos.



Post Date : 27 Agustus 2009