Sulap Sampah Jadi Kerajinan Artistik

Sumber:Koran Sindo - 18 Desember 2012
Kategori:Sampah Luar Jakarta
Kreativitas memang tidak pandang usia. Sejumlah ibu rumah tangga di Kota Tegal mampu mengolah sampah menjadi benda artistik bernilai jual. 
 
Selain bisa mengurangi sampah kota,juga menambah pemasukan serta menambah lapangan pekerjaan. Seperti yang dilakukan Ny Anwar,48,warga Kelurahan Kraton,Kecamatan Tegal Barat,Kota Tegal.Dari tangannya terlahir sejumlah kerajinan berbahan sampah yang bernilai jual.Ibu dengan tiga anak ini masih mampu menuangkan daya kreatifnya memanfaatkan sampah menjadi kerajinan meski di sela-sela mengurusi rumah tangga. Seperti yang tampak kemarin berupa benda hiasan berbentuk binatang burung cantik.Ny Anwar membuat hiasan dari kertas undangan bekas.
 
Kertas beraneka warna itu disusun satu per satu hingga berbentuk burung.“Saya tidak pakai lem untuk merekatkan susunan kertas-kertas bekas.Tapi,saya susun secara hati-hati dengan memasukan antarlipatan kertas satu sama lain,”katanya saat Lomba Pemanfaatan Sampah yang diadakan oleh Tim Penggerak PKK Kota Tegal di Pendapa Balai Kota kemarin. Pengerjaan itu dia lakukan sembari menonton televisi, berkumpul bersama keluarga, dan berbagai pekerjaan lainnya. 
 
Maka itu,tidak mengheran bila dia perlu waktu 20 hari untuk membuat hiasan dari kertas undangan bekas. Ketua Pokja III Tim Penggerak PKK Kota Tegal Ny Edi Suripno menyampaikan ada sekitar 27 kelurahan yang memamerkan hasil kreatif dari sampah.Menurutnya, pemanfaatan sampah menjadi bahan bernilai merupakan bentuk pengurangan sampah kota serta menambah pendapatan dan membuka lapangan kerja. AKROM HAZAMI


Post Date : 18 Desember 2012