Sumber Air Bulak Sindon Berpotensi Dibisniskan

Sumber:Pikiran Rakyat - 30 September 2004
Kategori:Air Minum
YOGYAKARTA, (PR).- Sumber air bersih bawah tanah yang berlokasi di Bulak Sindon Desa Dadapayu Kecamatan Semanu Kabupaten Gunungkidul Provinsi DI Yogyakarta, ternyata memiliki potensi untuk usaha air mineral. Sumber air bersih itu mulai dibor awal Agustus lalu. "Sumber air tersebut merupakan kelanjutan dari pengembangan sumber air Goa Bribin di Desa Dadapayu, yang diperkirakan memiliki debit air sekira 2.000 liter per detik, sehingga sangat mungkin untuk usaha air mineral," kata Mantan Lurah Desa Dadapayu yang kini menjadi anggota DPRD Gunungkidul, Suradi Setyawan, kemarin.

Saat menjabat sebagai lurah desa, kata Suradi, ada beberapa pengusaha yang tertarik untuk mengembangkan usaha air mineral dengan mengambil bahan baku dari sumber air Goa Bribin, namun hingga kini tidak ada kabar kelanjutannya.

Selain untuk memenuhi kebutuhan air minum penduduk setempat, sumber air tersebut dapat dikomersialkan dengan mendirikan pabrik air mineral.

Penghijauan

Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Gunungkidul, Drs.Syamsudin, mengatakan, di kawasan selatan yang selalu mengalami kekeringan pada musim kemarau ternyata terdapat banyak aliran sungai bawah tanah. "Untuk melestarikan sumber air bawah tanah tersebut, perlu dilakukan berbagai upaya seperti penanaman tanaman hutan di atasnya," katanya.

Adapun untuk menghijaukan Gunungkidul, diperlukan penghijauan kembali di atas sumber air seperti kawasan Ngobaran, Goa Bribin, dan kawasan lahan marginal.(A-44)

Post Date : 30 September 2004