Sumber Daya Air dan Kesejahteraan Publik: Suatu Tinjauan Teoritis dan Kajian Praktis

Pengarang:Bunasor Sanim; diedit oleh Akhmad Nuryahya, Eka Intan Kumala Putri
Penerbit:Bogor: IPB Press, 2011; xxxxiv, 190 cm + tabel, 23 cm
No. Klasifikasi:333.91 San s
Kata Kunci:Sumber Daya Air, Kebutuhan Dasar Manusia, Hak Atas Air, Privatisasi, Alokasi, Pengembangan, Konservasi
Lokasi:Perpustakaan Pokja AMPL. Telepon 021-31904113
Kategori:Buku

Gundulnya hutan akibat penebangan yang tidak memperhatikan kerusakan lingkungan menyebabkan berkurangnya penangkap air hujan yang berakibat pada sedikitnya pasokan air yang bisa terserap tanah, sungaipun menderita pendangkalan karena erosi tanah, tepi sungai turut dibebani permukiman dan pertanian, pencemaran yang merupakan salah satu hasil industri. Semua ini adalah sebagian kecil kerusakan lingkungan sebagai akibat dari perilaku manusia yang dampaknya berpengaruh pada terjadinya kerusakan bumi. Saat ini kita dapat merasakan bumi semakin panas dan musim hujan yang tidak menentu, hujan lebat yang mengakitkan banjir yang berlanjut dengan musim kemarau yang kering dan gersang.

Kebutuhan akan air semakin meningkat seiring dengan bertambahnya penduduk, sementara itu kualitas dan kuantitas air bersih kian menyusut.  Jika hal ini tidak segera ditanggulangi, tidak menutup kemungkinan akan terjadi konflik keperluan akan air dapat dengan mudah timbul di masyarakat.

Buku ini menyuguhkan pengelolaan sumber daya air yang dapat bermanfaat bagi masyarakat yang terstruktur dan runut dimulai denga penjelasan tentang air secara umum termasuk permasalahan yang dihadapi;sumber daya air ditinjau dari sisi penawaran dan permintaan; sumber daya air dalam era otonomi daerah; privatisasi sumber daya air; estimasi kerugian dan kerusakan akibat kelangkaan dan kelebihan air; model alokasi sumber daya air; paradigma, kebijakan dan strategi pengembangan sumber daya air; dan konservasi sumber daya air.

 



Post Date : 30 Juli 2012