Sumur Resapan Untuk Pemukiman Perkotaan dan Pedesaan

Pengarang:Kusnaedi
Penerbit:Jakarta: Penebar Swadaya, 2011; iv, 68 hal + gambar, 23 cm
No. Klasifikasi:551.498 Kus s
Kata Kunci:Sumur Resapan, Perkotaan, Pedesaan
Lokasi:Perpustakaan Pokja AMPL. Telepon 021-31904113
Kategori:Buku

Permasalahan yang terkait dengan lingkungan pada saat ini diantaranya adalah perubahan cuaca yang sangat ekstrim, dimana masyarakat akan kekurangan air ketika musim kemarau dan kebanjiran ketika musim hujan tiba. Hal ini diperparah dengan rendahnya kemampuan tanah dalam meresap air hujan terutama di sekitar kompleks perumahan dan gedung perkantoran.

Salah satu upaya untuk mengatasi masalah banjir dan kemampuan tanah dalam meresap air hujan adalah dengan membuat sumur resapan.  Sumur resapan adalah sumur atau lubang pada permukaan tanah yang dibuat untuk menampung ait hujan agar dapat meresap ke dalam tanah.

Berbagai jenis konstruksi sumur resapan terdiri dari sumur tanpa pasangan di dinding sumur, dasar sumur  tidak diisi apa pun (kosong); sumur tanpa pasangan di dinding sumur, dasar sumur diisi dengan batu belah dan ijuk; sumur dengan susunan batu bata, batu kali atau batako di dinding sumur, dasar sumur diisi dengan batu belah dan ijuk atau kosong; sumur menggunakan besi beton di dinding sumur; dan sumur menggunakan blawong (batu cadas yang dibentuk khusus untuk dinding sumur).

Selain apa itu sumur resapan, buku ini menyuguhkan pula perencanaan pembuatan sumur resapan, sumur resapan untuk perkotaan dan pedesaan yang disertai dengan penjelasan dan gambar sehingga dapat mempermudah pembaca yang ingin membuat sumur resapan baik untuk keperluan sendiri di rumah maupun untuk keperluan bersama.



Post Date : 10 Juli 2012