Suplai Air Aetra Ringankan Kehidupan Warga Pademangan Timur

Sumber:Business Review - 30 Desember 2010
Kategori:Air Minum

Sejak warga Pademangan Timur di RW 10 mengelola sendiri dua buah hidran umum atas bantuan Aetra,  warga tidak lagi harus membeli air mahal dari pedagang air keliling. Dahulu, warga membeli air dengan harga Rp 2000 untuk 2 jerigen air, tetapi sekarang dengan harga Rp 3000 warga mendapatkan 6 jeriken air bersih.

”Pengeluaran warga untuk air turun drastis. Warga yang selama ini membeli air dari pedagang air keliling menjadi lebih ringan beban hidupnya,” ujar Sulistio, salah satu tokoh warga di RW 10 Kelurahan Pademangan Timur. 

PT Aetra Air Jakarta telah membangun dua hidran umum yang beroperasi mulai Oktober 2010 untuk memenuhi kebutuhan air bagi sedikitnya 2000 jiwa di 17 RT di RW 10 Kelurahan Pademangan Timur. Hidran tersebut merupakan bagian dari program pemberdayaan sosial, ekonomi dan pendidikan bagi warga atas kerjasama antara Aetra dan Rumah Amal Salman ITB.

Dalam pemberdayaan ekonomi, warga Pademangan Timur RW 10 telah membentuk koperasi simpan pinjam. Koperasi ini merupakan salah satu bentuk pengembangan ekonomi melalui microfinance dengan dana bergulir dari Aetra, Rumah Amal dan hasil penjualan air hidran. Dari hasil penjualan air,  koperasi warga mendapatkan Rp 1000 per m3 air terjual. ”Saat ini,  kami masih dalam tahap pengembangan koperasi  demi perekonomian warga,” ujar Sulistio  seraya menambahkan bahwa saat ini hampir 70 persen warga yang berdagang di Pasar Bongkaran, Pademangan Timur terlibat hutang dengan bunga sangat tinggi.   Sejumlah perwakilan warga Pademangan Timur telah pula mengikuti pelatihan kader koperasi di Bandung. ”Kami bersemangat untuk mengembangkan koperasi ini sebaik mungkin,” tambah Sulistio.

Program pemberdayaan masyarakat di Pademangan Timur ini merupakan bagian dari implementasi nilai Aetra, khususnya Respek terhadap komunitas dan lingkungan serta visi Aetra Meningkatkan Kehidupan Masayrakat Setiap Saat. Sepanjang 2010 ini, Aetra telah melangsungkan berbagai program CSR lainnya mencakup bidang Konservasi dan Lingkungan, Program Akses Air Bersih, serta Program Bantuan Sosial dan Bencana Alam.

Di tahun 2010 ini Aetra melanjutkan Program Duta Air yang telah ada sejak 2006. Duta Air Batch III tahun ini mencakup 80 siswa dan 32 guru pendamping dari 16 Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidayah. Sejak diluncurkan, Program Duta Air telah mendidik sedikitnya  109 siswa sekolah. Para duta  dan guru pendamping mendapatkan pembekalan pengetahuan mengenai air dan sanitasi, membiasakan diri menyayangi air serta hidup bersih dan sehat. Program Duta Air ini didukung oleh Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta. Saat ini, Aetra sedang mempersiapkan program Duta Air Batch IV.

Dalam program bantuan bencana Alam, di tahun 2010 ini Aetra telah mengirim bantuan tenaga medis dan obat-obatan untuk korban letusan Gunung Merapi di Yogyakarta dan sekitarnya. Aetra juga memberikan bantuan untuk korban banjir Wasior di Papua serta korban Tsunami di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Aetra juga melanjutkan upaya pemulihan akses air bersih paska gempa Sumatera Barat dengan melatih 5 teknisi PDAM Kota Padang selama 3 bulan di Jakarta. Para teknisi tersebut mendapatkan pelatihan pencarian kebocoran pipa air dalam tanah. Untuk dikeahui, paska gempa, pipa-pipa air minum di dalam tanah banyak mengalami kebocoran yang tidak mudah untuk pendeteksiannya, membutuhkan keahlian dan peralatan penunjang.

Aetra juga meneruskan partisipasinya dalam Program Kali Bersih untuk Kali Ciliwung dan Kali Bekasi. Dalam hal ini Aetra bekerja sama dengan BPLHD DKI Jakarta, serta BPLH Kota Bekasi melakukan aksi pembersihan kali Ciliwung dan Bekasi sekaligus  kampanye bersama Stop Nyampah di Kali memperingati Hari Air Dunia, 22 Maret 2010 serta pada Hari Ulang Tahun Kota Jakarta ke 483. Untuk ulangtahun Kota Jakarta tersebut Aetra  menghadiahkan Kota Jakarta dengan Kran Air Siap Minum di Kantor Pemerintah Kota Administrasi  Jakarta Timur, serta sebelumnya Kran Air Siap Minum di Kantor Walikota Administrasi Jakarta Utara, sekaligus untuk menunjang citra Kota Jakarta sebagai Ibukota Negara RI.

Untuk masyarakat yang belum terjangkau jaringan pipa air, Aetra setiap bulannya mengirimkan lebih dari 500.000 liter air bersih melalui 7 titik Kios air di kawasan Marunda dan Rorotan yang melayani sekitar 400 KK dengan 2400 jiwa. Aetra terus bergerak dalam visinya Meningkatkan Kehidupan Masyarakat Setiap Saat.



Post Date : 30 Desember 2010