Tahun 2008 TPA Paritenam Tutup

Sumber:Bangka Pos - 31 Juli 2005
Kategori:Sampah Luar Jakarta
PANGKALPINANG Kepala Dinas Kebersihan dan Kebakaran Kota Pangkalpinang M Rival mengatakan TPA di Paritenam tidak memenuhi standar sebab tidak dilengkapi sarana dan prasarana alat berat untuk merapikan sampah yang sudah terkumpul.

Akibatnya Kota Pangkalpinang dalam penilaian Adipura anjlok karena TPA yang ada belum memenuhi standar. Karenanya, Rival berharap TPA tersebut masih harus dibenahi dan perlu sarana agar layak pakai.

TPA tersebut dikatakan memenuhi standar minimal adanya alat berat berupa buldoser dan excavator untuk pengkomposan dan TPA harus di pagar agar tidak terjadi pencemaran lingkungan. Sekarang kita hanya mampu menyewa alat berat tersebut perjamnya Rp 350.000, papar Rival kepada Bangka Pos Group, Sabtu (30/7).

Menurut Rival, Pemkot Pangkalpinang harus menyiapkan lahan baru untuk TPA. TPA tersebut diperkirakan dua tahun lagi masih bisa digunakan asal dilengkapi alat berat dan ditambah sarana yang lain. Selain itu pertambahan penduduk makin pesat, dalam standarnya 100.000 jumlah penduduk harus memiliki satu hektar TPA. Sedangkan penduduk Pangkalpinang sudah lebih dari jumlah tersebut jadi Pangkalpinang harus punya dua TPA. Jadi diperkirakan tahun 2008 TPA Paritenam tutup, jelas Rival.

Selain itu di TPA harus disediakan tempat pencucian mobil pengangkut sampah. Jika sudah diangkut sampah harus dibersihkan, agar mobil pengangkut sampah yang akan masuk dalam kota dalam keadaan bersih dan tidak berbau, serta harus ada sarana penerang.

Selain itu diakui Rival TPA Paritenam tidak ideal karena jaraknya dengan pemukiman penduduk hampir dekat.

Lahan TPA minimal jaraknya harus satu kilo dari rumah penduduk, sedangkan TPA paritenam sekarang jarak dengan rumah penduduk sudah mencapai 50 meter, dan itu sudah tidak layak, ungkap Rival.

Saat ini diakuinya Dinas Kebersihan Pangkalpinang memiliki 12 mobil kebersihan dan empat amroll. Sedangkan tenaga kebersihan berjumlah 195 orang.

Rival optimis Pangkalpinang bisa meraih adipura, jika TPA dilengkapi alat berat dan sarana pendukung lainnya. Pangkalpinang bisa dapat piala Adipura asal TPA dilengkapi alat berat dan sarana lainnya serta didukung oleh prilaku masyarakat dalam menjaga kebersihan, harap Rival.(h7)

Post Date : 31 Juli 2005