Tangerang Bangun 1.000 Bank Sampah

Sumber:Media Indonesia - 30 Oktober 2012
Kategori:Sampah Luar Jakarta
PEMERINTAH Kota Tangerang membuat program pembangunan 1.000 bank sampah yang akan dilakukan secara bertahap. Diharapkan, pembangunan 1.000 bank sampah itu selesai paling lambat pada 2014.
 
“Untuk 2012 ini telah dibangun 120 bank sampah. Sisanya akan dilanjutkan sampai akhir 2014 nanti,” kata Wakil Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah saat membuka acara pelatihan pemilahan sampah di Cipondoh, Kota Tangerang, Banten, kemarin.
 
Menurut Arief, untuk memaksimalkan dan mengefisienkan kinerja petugas bank sampah, pemkot akan memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi masyarakat dalam mengelola sampah.
 
“Pemerintah Kota Tangerang memberikan pelatihan selama tiga hari (29-31/10) guna memilah dan mengelola bank sampah di lingkungan masing-masing,“ ujarnya.
 
Menurut Arief, masyarakat diberikan pelatihan mengelola sampah guna mengurangi volume sampah. Sekaligus, jika mau, pengelolaan sampah itu dapat menghasilkan uang buat menambah belanja rumah tangga.
 
“Kami harap agar masyarakat terus membiasakan diri memilah sampah sebelum sampah itu dikumpulkan di bank sampah. Karena selain dapat mengurangi volume sampah, juga bisa menambah penghasilan keluarga,” ujar Arief.
 
Penghasilan itu diperoleh dari pe ngumpulan botol air minum, plastik, kardus, dan lain-lain. “Itu bisa dikumpulkan untuk dijual sehingga menambah penghasilan keluarga,” ujarnya lagi.
 
Kepala Dinas kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Tangerang Agus Sudrajat mengatakan siapa saja boleh ikut pelatihan itu. “Untuk kali ini pelatihan diikuti oleh 30 pegiat forum kompos di Kota Tangerang,” ujar Agus.
 
Pelatihan kali ini hanya diikuti 30 orang. Namun, diharapkan, para peserta bisa membagikan ilmu dan pengalaman kepada warga lain di sekitar tempat tinggal mereka.
 
“Kita adakan pelatihan secara bertahap. Selain latihan, akan diisi kunjungan lapangan ke beberapa bank sampah yang ada,” paparnya. (SM/J-2)


Post Date : 30 Oktober 2012