Tangerang Setujui Proyek Penyaring Sampah Jakarta

Sumber:Koran Tempo - 19 September 2007
Kategori:Sampah Jakarta
TANGERANG - Setelah melakukan penolakan, akhirnya kemarin Pemerintah Kota Tangerang menyetujui pembangunan proyek penyaringan sampah DKI Jakarta di Kali Mookervart. Proyek tersebut terletak di perbatasan antara wilayah Kota Tangerang dan Kota Madya Jakarta Barat.

Persetujuan diberikan setelah terjadi pertemuan di antara kedua pemerintah di Jakarta kemarin. Setelah diklarifikasi, proyek itu akhirnya diteruskan. "Kami tidak mempermasalahkan lagi," kata Sekretaris Daerah Kota Tangerang Harry Mulya Zein.

Kalau sebelumnya terjadi penolakan, semata karena adanya kealpaan komunikasi yang tidak disampaikan staf di Badan Perencanaan Daerah Kota Tangerang. "Rancangan proyek ini sudah dikoordinasikan antarpemerintah daerah, tapi hasilnya tidak disampaikan, sehingga ada ketidaksamaan persepsi," kata Harry.

Mengenai sikap Wali Kota Tangerang Wahidin Halim yang beberapa waktu lalu meminta agar proyek itu ditutup, Harry mengatakan hal itu karena adanya desakan masyarakat. "Tapi sepanjang menguntungkan kedua belah pihak, proyek penyaringan sampah itu tidak menjadi kendala," ujar Harry.

Sebelumnya, proyek penyaringan sampah yang dikerjakan PT Asiana Technologies ini menjadi perdebatan dua pemerintah daerah. Wali Kota Tangerang Wahidin Halim melayangkan surat kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Gubernur DKI Jakarta, karena Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta tidak pernah melakukan koordinasi menyangkut proyek penyaringan sampah di atas Kali Mookervart.

Asisten Daerah 1 Bidang Pemerintahan Affandi Permana menyatakan akan menghentikan proyek itu, karena Jakarta melanggar batas wilayah. Alasannya, proyek terletak di RT 01 RW 04 Kelurahan Poris Gaga, Kecamatan Batu Ceper, Tangerang.

Namun, Kepala Suku Dinas Tata Air Kota Madya Jakarta Barat Haryanto membantah klaim Pemerintah Kota Tangerang. "Itu (proyek penyaringan sampah) masih masuk wilayah Jakarta, 50 meter dari perbatasan," kata Haryanto. AYU CIPTA



Post Date : 19 September 2007