Tarif Baru PDAM Diberlakukan April

Sumber:Suara Merdeka - 14 Maret 2005
Kategori:Air Minum
BOYOLALI - Kenaikan tarif dasar air bersih PDAM Kabupaten Boyolali, menurut rencana diberlakukan Maret dengan penarikan rekening April. Itu berarti dibayar belakang. ''Namun bisa saja mundur satu bulan, sehingga rekening ditarik Mei,'' kata Direktur PDAM Boyolali, Arys Wibowo, kemarin.

Sejak rencana kenaikan tarif air bersih disosialisaikan, para pelanggan tampaknya bisa menerima dan memahami. Bahkan setelah dikonsultasikan ke DPRD, tidak ada masalah. Dengan kata lain, mereka bisa memahami dan memaklumi. Sekarang ini tinggal menunggu petunjuk dari Bupati atau Sekda. Namun kemungkinan diserahkan Sekda, karena Selasa besok Bupati sudah habis masa jabatannya.

Sebagai catatan, tarif dasar mengalami kenaikan 40%-50% atau dari Rp 600/m3 menjadi Rp 900/m3. Kenaikan itu diberlakukan untuk semua kelompok, baik rumah tangga maupun industri.

Sekda Singgih Pambudi saat dimintai konfirmasi mengatakan, kenaikan tarif air bersih itu sudah pasti. Sebab bila tidak dinaikan, PDAM akan bangkrut. Selain itu, rencana kenaikan sudah disosialisasikan dan melalui berbagai tahapan. Bahkan, sebelumya dilakukan poling untuk mengetahui sejauh mana tangggapan pelanggan tentang rencana kenaikan itu. Ternyata, sebagian besar pelanggan bisa menerima

Selain itu, juga dikonsultasikan ke Dewan dan ternyata bisa memahami. Dia mengatakan, penandatanganan kenaikan tarif tidak harus dilakukan Bupati. Pelaksana tugas harian (Plth) bupati bisa menandatanganinya. Karena Bupati Selasa besok sudah mengakhiri jabatan, hal itu akan diserahkan kepada Plth.(shj-85a)



Post Date : 14 Maret 2005