Tiga TPS Terpadu Baru Disiapkan

Sumber:Kompas - 14 Juni 2007
Kategori:Sampah Jakarta
Jakarta, Kompas - Menyusul keberhasilan uji coba Tempat Pengolahan Sampah Terpadu atau TPST Cakung, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyiapkan tiga TPST baru. TPST yang direncanakan berlokasi di Duri Kosambi, Marunda, dan Pulo Gebang, yang diperkirakan dapat mengolah 3.000 ton sampah setiap hari.

Menurut Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta Eko Bharuna, Rabu (13/6) di Jakarta Pusat, lahan milik Pemprov DKI di Duri Kosambi dan Pulo Gebang seluas enam hektar sudah disiapkan. Sementara itu lahan seluas 18 hektar di Marunda sedang dibebaskan oleh perusahaan swasta.

"Saat ini, Pemprov DKI Jakarta sedang menunggu para investor yang benar-benar berminat untuk berinvestasi di pengolahan sampah. Sudah ada beberapa investor, tetapi jumlahnya belum mencukupi untuk mengadakan lelang," kata Eko.

Menurut Eko, pembangunan satu unit TPST dengan teknologi pembuatan kompos, yang berkapasitas 1.000 ton per hari, memerlukan modal sekitar Rp 100 miliar-Rp 150 miliar. Sedangkan dengan teknologi pengolahan sampah menjadi listrik membutuhkan dana sampai Rp 1 triliun.

Pemerintah, menurut Eko, hanya mengizinkan perusahaan yang memiliki modal besar, peralatan, dan sumber daya manusia yang memadai untuk berinvestasi di pengolahan sampah.

Serang tidak untuk Jakarta

Bupati Serang Taufik Nuriman, Rabu, menegaskan, Tempat Pembuangan Sampah Akhir atau TPSA Bojongmenteng dibangun untuk menampung sampah dari daerah-daerah di Kabupaten Serang. Saat ini, ia masih mempertimbangkan tawaran untuk menampung sampah Jakarta.

"Karena masih ada kontroversi, untuk saat ini TPSA Bojongmenteng difokuskan untuk menampung sampah Serang saja. Untuk sampah Jakarta, itu program jangka panjang dan belum bisa dipastikan," tutur Bupati Serang, usai pertemuan di Pendapa Gubernur Banten, kemarin.

Asisten Daerah II Kabupaten Serang Pandji Tirtayasa menambahkan, TPSA Bojongmenteng dibangun untuk mengantisipasi persoalan sampah di masa yang akan datang.

Sebab, menurut dia, idealnya Serang memiliki tiga tempat pembuangan sampah agar tidak terjadi penumpukan sampah di perkotaan. Namun, saat ini Pemkab Serang baru memiliki satu tempat penampungan sampah di Cilowong. Meski sempat ditolak masyarakat, Taufik menegaskan tetap akan melanjutkan rencana pembangunan TPSA Bojongmenteng. (ECA/NTA)



Post Date : 14 Juni 2007