TPA Bersama Segera Terwujud

Sumber:Jurnal Nasional - 21 Mei 2010
Kategori:Sampah Jakarta

RENCANA pembangunan Tempat Pembuangan dan Pengolahan Akhir Sampah (TPPAS) bersama di Desa Nambo, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor, bakal terwujud pada 2013. Pembangunan digagas bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Pemkot Bogor, dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor.

Area yang akan disediakan di wilayah Perum Perhutani seluas 100 hektare. Selain dijadikan tempat pembuangan sampah, lokasi tersebut juga dibangun pembangkit listrik tenaga sampah. "Sudah ada pembicaraan antara Provinsi Jawa Barat dengan Perhutani. Diperkirakan 2013 seluruhnya akan terwujud," kata PLT Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Depok, Sri Utomo, Kamis (20/5).

Menurutnya, sampai saat ini belum ada kesepakatan secara pasti antara kota yang akan melakukan kerja sama dalam pembuangan sampah. Proses kerja sama dapat dipercepat jika provinsi melakukan pembicaraan dengan Perhutani. "Minimal kita harus menyediakan terminal dan sarana-prasarana pendukung lainnya," kata Sri.

Berdasarkan informasi dari Bapeda, pengadaan TPPAS baru dapat terwujud pada 2013. Menurutnya, pengadaan tersebut merupakan solusi pengelolaan sampah secara bersama-sama. Berdasarkan penilaiannya, kata dia, tiap kota maupun kabupaten sudah dibebankan dengan permasalahan sampah di tempat masing-masing.

Penyelesaian masalah sampah sudah ditempuh kota masing-masing dengan pengadaan UPS dan melakukan pemilahan. Dari upaya itu, dapat mengurangi timbunan sampah dan memberikan sedikit keuntungan. Sementara itu, anggota Komisi C DPRD Depok Muttaqin, sangat mendukung upaya pengadaan lahan untuk TPPAS bersama. Pasalnya, UPS hanya mengurangi jumlah sampah saja dan diperkirakan tiga tahun lagi TPA sudah tidak dapat menampung sampah lagi. Iskandar Hadji



Post Date : 21 Mei 2010