TPA Dibangun di Serang

Sumber:Kompas - 13 Juni 2003
Kategori:Sampah Jakarta
Serang, Kompas - Pemerintah Kabupaten Serang mulai mempersiapkan pembangunan tempat pengelolaan sampah akhir atau TPSA senilai Rp 36 miliar di Desa Bojongmenteng, Kecamatan Tunjung Teja. Pemerintah DKI Jakarta menawarkan diri untuk dapat membuang sampah ke TPSA tersebut.

TPSA Bojongmenteng itu berada di perbatasan Kabupaten Serang dengan Kabupaten Lebak. Asisten Daerah (Asda) II Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang Pandji Tirtayasa, Selasa (12/6), mengatakan, pembangunan TPSA Bojongmenteng mulai dirancang pada tahun 2003.

Dengan dana hibah tahap awal dari Bank Dunia Rp 3,6 miliar, pemkab membuat detail engineering design (DED) atau rencana desain proyek, serta studi kelayakan.

"Prinsipnya, kami ingin mengubah paradigma sampah bukan menjadi barang buangan, tetapi mengolahnya menjadi bahan baku. Sehingga kami merancang TPSA Bojongmenteng dikelola dengan cara Sanitary Landfill, dengan memanfaatkan sampah untuk diolah menjadi kompos, bioelektrik, bahan bangunan, dan sebagainya. Jadi, tidak akan ada penumpukan sampah karena sampah yang datang langsung diolah," ujarnya.

Rencananya, TPSA Bojongmenteng akan dibangun di atas lahan seluas 120 hektar. Namun pada tahap pertama, pemkab baru membangun TPSA seluas 40 hektar.

Kepala Bidang Rencana Pembangunan Tata Ruang dan Prasarana Bappeda Serang Fachri Fatoni mengatakan, pihaknya sudah mulai mempersiapkan pembangunan TPSA Bojongmenteng. Pemkab sudah mulai melakukan pembebasan lahan seluas 40 hektar. Pembebasan 10 hektar lahan di antaranya dilakukan pada tahun 2006, dengan total anggaran Rp 1 miliar.

Pembangunan TPSA Bojongmenteng sendiri rencananya akan mulai dikerjakan awal tahun 2008 mendatang. Oleh karena itu, kata Fachri, pemkab akan mengusulkan bantuan dana dari Bank Dunia Rp 90 miliar. Sebanyak Rp 36 miliar di antaranya digunakan untuk membiayai pembangunan TPSA.

Tawaran Jakarta

Meski baru tahap persiapan, Pemerintah DKI Jakarta telah menawarkan diri untuk membuang sampahnya di TPSA Bojongmenteng. Bahkan, pemkab telah diberikan tawaran kompensasi sebesar Rp 55.000 untuk satu ton sampah dari Jakarta.

Padahal dalam satu hari, diperkirakan sampah Jakarta yang akan dibuang ke TPSA Bojongmenteng sekitar 5.000 ton. Jika dikabulkan, kompensasi yang diterima Pemerintah Kabupaten Serang bisa mencapai Rp 275 juta per hari, atau Rp 8,25 miliar per bulan. (NTA)



Post Date : 13 Juni 2007