TPA Masih Keluarkan Asap

Sumber:Fajar - 01 September 2005
Kategori:Sampah Luar Jakarta
MAKASSAR -- Wilayah Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah yang ada di Kelurahan Tamangapa, Kecamatan Manggala, hingga kemarin, masih mengeluarkan asap sebagai akibat gas metan yang dihasilkan di dalam tumpukan sampah tersebut.

Kendati masih terbakar dan mengeluarkan asap, namun beberapa warga sekitar yang mengais rezeki di TPA tersebut tak pernah surut.

Atas fenomena itu, Kepala Dinas Kebakaran Makassar, Aminuddin Teng mengimbau kepada seluruh warga yang ada di sekitar TPA tersebut untuk waspada. Karena TPA tersebut masih mengandung metan yang bisa mengeluarkan gas panas dan membahayakan kesehatan kulit dan paru-paru.

"Kalau bisa kami minta kepada warga yang ada di sekitar, khususnya yang selalu mengambil sampah di TPA untuk berhati-hati. Ini sangat rawan terkena penyakit, meski mereka mempunyai kekebalan tubuh yang tergolong kuat," imbaunya.

Hal yang sama juga dikatakan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Makassar, dr Hj Janet. Dia menambahkan, kumpulan asap tersebut menjadi penyebab utama penyakit radang tenggorokan, paru-paru dan penyakit kulit lainnya.

"Ini memang masih di ambang batas. tapi tak menutup kemungkinan jika ini terus berlanjut, maka sangat berbahaya bagi warga sekitar TPA," ujar Janet.

Pemkot Makassar melalui Sekkot, Supomo Guntur mengatakan, Pemkot Makassar terus berupaya melakukan pemadaman terhadap bara api di TPA tersebut dengan cara menyiram air oleh pemadam kebakaran.

Post Date : 01 September 2005