TPS Cipayung Diperluas 2 Ha

Sumber:Koran Sindo - 26 Februari 2007
Kategori:Sampah Jakarta
DEPOK (SINDO) Tahun ini Pemkot Depok berencana memperluas lahan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Cipayung, Pancoran Mas.Kebijakan ini diambil menyusul meningkatnya volume sampah warga yang sebelumnya hanya 700 m3 per hari menjadi 1.400 m3/ hari.

Karena peningkatan volume sampah, kami berencana menambah luas TPA, ujar Kepala Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup (DKLH) Kota Depok Walim Herwandi,kemarin. Dia akan menambah luas lahan dua hektare (ha) dari luas TPA saat ini 10,1 ha. Hanya, perluasan itu akan dilakukan secara bertahap.

Tahap awal ini, Pemkot menargetkan penambahan luas lahan sekitar 5.000 m2. Selanjutnya, pada perubahan anggaran tahun ini direncanakan mencapai 2 ha,paparnya panjang lebar. Dia khawatir jika lahan itu tidak diperlebar,TPS Cipayung kesulitan menampung sampah di Depok.Walim menyadari,perluasan lahan itu memerlukan dana besar karena harus membebaskan lahan warga sekitar.

Jadi kalau tahun ini sulit terealisasi, setidaknya diharapkan terwujud pada 2008,tutur Walim. Namun sebelum melakukan pelebaran lahan,Walim berjanji akan melakukan pengkajian analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) terlebih dahulu. Rencana ini telah diusulkannya kepada Wali Kota Depok Nurmahmudi Ismail belum lama ini.Terkait program pengadaan 10 unit pengolahan sampah (UPS), Walim mengaku baru dapat terealisasi akhir tahun ini karena akan dikaji terlebih dahulu.

Perlu diketahui,UPS itu akan ditempatkan di beberapa titik di Depok untuk menekan volume sampah yang masuk ke TPS Cipayung.Tetapi meski UPS itu beroperasi, perluasan TPS Cipayung tetap dilakukan.Kalau penambahan lahan Cipayung tak bisa ditawar-tawar lagi. Selain itu,dia juga akan membuat jalan masuk alternatif menuju TPA. Sebab, jalan masuk yang ada selama ini sangat sempit dan bersentuhan langsung dengan permukiman. Dana yang dibutuhkan untuk membebaskan lahan untuk jalan alternatif itu sekitar Rp15 miliar.

Saat ini kami sedang menyiapkan desainnya,ujarnya. Anggota Komisi C DPRD Depok Muttaqin mengatakan,perluasan TPA dan pembangunan jalan masuk alternatif harus dilakukan guna memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap tempat pembuangan sampah. Apalagi, DKLH sendiri hingga kini belum mampu sepenuhnya mengangkut sampah di Kota Depok. Kalau rencana ini terealisasi, diharapkan problem persampahan bisa teratasi. Setidaknya, itu dilakukan sambil menunggu diterapkannya sistem UPS, ungkapnya. (adam prawira)



Post Date : 26 Februari 2007