TPS Tegallega dan Cicendo Akan Diperbaiki

Sumber:Kompas - 7 April 2005
Kategori:Sampah Luar Jakarta
Bandung, Kompas - Tempat pembuangan sampah sementara di Jalan Cicendo, Bandung, tengah diperbaiki. Rencananya, TPS Tegallega pun akan ditata.

Perbaikan dilakukan karena kedua TPS tersebut sudah rusak. Perbaikan di TPS Tegallega akan dilakukan oleh Dinas Perumahan. Namun, perbaikan TPS Tegallega tidak bisa dilakukan sebelum KAA.

"Sebab, selama ini saja sampah di sana terus menumpuk dan baru bisa diangkut ke TPA Cicabe hari Selasa," ujar Cece H Iskandar, Direktur Teknik dan Operasi Perusahaan Daerah (PD) Kebersihan Kota Bandung, Rabu (6/4).

Kedua TPS tersebut berada di dekat jalur yang akan dilalui oleh kepala negara yang mengikuti napak tilas Konferensi Asia Afrika (KAA) di Kota Bandung pada 24 April 2005.

Perbaikan TPS Cicendo telah dilakukan sejak Senin lalu. Perbaikan meliputi pembuatan lantai TPS dengan semen dan pemagaran. Luas TPS sekitar 25 meter persegi.

Sementara itu, TPS Tegallega yang berada di Jalan Mohammad Toha rencananya akan diperbaiki juga dengan memasang atap, pengecatan, dan pemagaran.

Berkaitan dengan perhelatan KAA, PD Kebersihan akan libur mengangkut sampah dari beberapa kelurahan, terutama yang membuang sampah di TPS sekitar jalur yang dilewati delegasi dan jalur protokol yang kemungkinan dikunjungi para tamu negara.

"PD Kebersihan sudah membicarakan kemungkinan libur pengangkutan sampah tanggal 24 April 2005 dengan camat. Sebab, jelek juga kalau terlihat ada gerobak sampah di sekitar jalan," ujar Cece.

TPS Tegallega selama ini menampung sampah dari wilayah Kecamatan Regol, Lengkong, dan Astana Anyar. Sampah dari TPS Tegallega dibuang ke TPA Cicabe, namun yang sudah terangkut baru setengahnya.

Asep Rusnandar, pengendali sampah Kelurahan Cihaurgeulis, menyatakan, sampah di TPS Jalan Brigjen Katamso dibersihkan pada Rabu.

"Seharusnya sudah terangkut semua ke TPA Jelekong, tapi karena alat beratnya rusak, pengangkutan tertunda lagi," ujar Asep. Volume sampah di TPS tersebut tinggal 3.000 meter kubik.(Y09)



Post Date : 07 April 2005