TPST Bojong Akan Ujicoba Lagi

Sumber:Tempo Interaktif - 18 Juli 2005
Kategori:Sampah Luar Jakarta
TEMPO Interaktif, Bogor:Pemerintah Kabupaten Bogor sedang membahas pelaksanaan teknis ujicoba Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bojong, Klapanunggal, Kabupaten Bogor.

Meskipun belum pasti tanggal pelaksanaanya, Pemkab Bogor sudah melakukan koordinasi pengamanan dengan TNI dan Polri serta instansi terkait termasuk penggelola TPST Bojong, PT Wira Guna Sejahtera.

Menurut Kepala Humas Pemkab Bogor, M. Sjahuri, rapat koordinasi keamanan dengan Polwil dan Polres Bogor telah dilakukan Kamis (14/7). Pada hari yang sama, dibahas soal teknis ujicoba oleh Dinas Cipta Karya, Bagian Perekonomian dan Sekretaris Daerah.

"Kami akan memberikan kesempatan kepada penggelola TPST Bojong untuk melakukan ujicoiba, apakah sesuai dengan Amdal atau tidak," jelas Sjahuri kepada Tempo, Senin (18/7).

Ia menambahkan jika nanti terbukti ada pencemaran, baik pada kendaraan, bau di ambang batas, maupun pencemaran air di daerah sekitar, izin operasi TPST Bojong akan dihentikan. Tetapi jika ujicoba terbukti berhasil, Pemkab Bogor akan mengijinkan beroperasinya TPST tersebut.

Menurut Sjahuri, penggelola TPST Bojong akan menggunakan truk kapsul khusus pengangkut sampah, sehingga tidak tercium baunya selama dalam perjalanan. Ahli lingkungan dan warga kedua belah pihak juga akan diundang untuk melihat pengolahan sampah sesuai yang dijanjikan oleh PT Wira Guna Sejahtera. Deffan Purnama

Post Date : 18 Juli 2005