Trik Agar Anak Rajin Cuci Tangan

Sumber:Vivanews - 24 Juni 2009
Kategori:Sanitasi

VIVAnews - Kebiasaan hidup bersih harus mulai dibentuk sejak kecil. Dengan gaya hidup bersih tentunya akan membuat anak selalu sehat dan pertumbuhannya tidak terhambat karena terkena penyakit.

Hal itu dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan tim peneliti dari Universitas Tel Aviv, Israel. Mereka melakukan metode inovatif untuk melatih anak-anak untuk mengerti mencuci tangan yang baik dan benar.  Karena, mencuci tangan dapat mengurangi penyakit pencernaan sampai 50 persen dan penyakit pernapasan hingga 20 persen.

Anak-anak diajarkan untuk mencuci tangan memakai sabun sebelum makan siang di sekolah sambil bernyanyi, dan dicontohkan dari gerak boneka . Metode tersebut ternyata cukup efektif dan menurut Dr. Laura Rosen, salah satu peneliti hasilnya sangat mengejutkan. Anak-anak cepat mengerti dan dengan senang hati mempraktekkannya. 

Berdasarkan laporan yang ditulisnya dalam Health Education Research, Rosen dan penelitinya melibatkan anak-anak dari 40 pra-sekolah dan taman kanak-kanak di Yerusalem. Dari penelitian, ternyata masih banyak guru yang tidak menyadari akan pentingnya mencuci tangan dalam menentukan kondisi kesehatan seseorang.

Beberapa sekolah masih ada yang menggunakan satu gelas untuk beberapa  orang. Lalu, handuk pengering tangan juga digunakan oleh banyak orang. Hal itu menunjukkan kalau beberapa pendidik masih belum mengerti tentang higienitas dan harus di berikan pengetahuan dasar kesehatan.

"Kami ingin memberikan pesan dan informasi kesehatan bukan hanya untuk anak-anak tetapi juga tenaga pendidik. Karena mereka memegang peranan penting dalam membentuk kebiasaan anak," kata Dr. Rosen.

Para guru diberikan peralatan cuci tangan yang bersih dan sabun untuk mengajarkan para anak muridnya. Gelas untuk minum juga diberikan agar anak-anak memiliki gelas masing-masing dan tidak berisiko saling menularkan penyakit.

Setelah mencuci tangan anak-anak dan guru diperlihatkan komposisi bakteri yang ada di tangan dengan menggunakan peralatan khusus. Bakteri pun berkurang banyak setelah mencuci tangan dengan sabun. Anak-anak pun sangat menyukai kegiatan tersebut.



Post Date : 24 Juni 2009