Uji Coba TPST Bojong Perlu Persetujuan DPRD

Sumber:Media Indonesia - 27 Juli 2005
Kategori:Sampah Luar Jakarta
CIBINONG (Media): Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Bogor, Lalu Suryade, menegaskan pihaknya belum mendapat laporan soal uji coba tempat pengolahan sampah terpadu (TPST) Bojong, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Padahal, menurut informasi yang beredar luas, uji coba TPST itu akan dilakukan hari ini.

''Sejauh komitmen yang kami pegang dari pemerintah kabupaten (pemkab) uji coba tidak mungkin dilakukan besok (hari ini)," ujar Suryade, kemarin.

Menurut Lalu Suryade, ihwal tidak mungkinnya uji coba di TPST Bojong itu diperoleh langsung dari Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Perry Soeparman dan Asda II, Iyang Saputra yang pekan lalu bertemu dengan Komisi A.

"Saat Komisi A menanyakan soal tanggal 27 Juli itu, Pemkab Bogor melalui Sekda menyatakan bahwa tanggal uji coba adalah tentatif, dan bukan pada hari Rabu (27/7) itu," katanya.

Namun, berdasarkan pemantauan di lapangan, informasi soal uji coba tersebut telah beredar sejak tiga hari terakhir. Akibatnya, kondisi di kawasan TPST Bojong kembali "menghangat", karena kubu pro dan kontra, masing-masing mulai mengantisipasinya.

"Kami warga Kampung Ciuncal dan Desa Bojong serta desa-desa di sekitar terus-menerus melakukan siaga 24 jam secara bergantian, mengantisipasi kemungkinan uji coba TPST Bojong," kata Naih, salah satu warga yang menolak pengoperasian tempat pembuangan sampah dari Jakarta itu.

Sebelumnya, tim bentukan DPR RI untuk masalah TPST Bojong pada Selasa (28/6) merekomendasikan instalasi tersebut direlokasi. Selain itu, Pemda Kabupaten Bogor harus bertanggung jawab atas pemberian izin yang bertentangan dengan perundangan.

"TPST Bojong tidak boleh diteruskan pengoperasiannya, terutama karena alasan paling pokok yaitu pemberian izin lokasi yang jelas melanggar peraturan perundangan," kata Ketua Tim, Sonny Keraf di DPR RI, Jakarta, saat itu.

Laporan yang dibacakan pada Rapat Paripurna DPR RI Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2004-2005 tersebut, dalam bagian rekomendasinya meminta Depdagri mendesak Pemprov DKI Jakarta, Pemda Jabar, Pemkab Bogor agar menghentikan uji coba dan pengoperasian TPST. (Ant/DC/J-2)

Post Date : 27 Juli 2005