Waduk Ciawi Tunggu Inpres

Sumber:Koran Sindo - 16 Januari 2008
Kategori:Drainase
JAKARTA(SINDO) Proyek pembangunan Waduk Ciawi di Kabupaten Bogor saat ini masih menunggu instruksi presiden (inpres). Dengan diterbitkan inpres diharapkan memacu Departemen Pekerjaan Umum (PU) merealisasikan waduk itu.

Waduk Ciawi merupakan gagasan bersama wilayah Jakarta, Bogor,Depok,Tangerang, Bekasi, dan Cianjur (Jabodetabekjur) untuk menanggulangi banjirsetiaptahunnya.Waduk ini juga berfungsi sebagai resapan air,irigasi,dan reservoir air bersih bagi perusahaan daerah air minum.

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengatakan, seluruh kota madya/kabupaten di daerah penyangga telah mendukung rencana pembangunan Waduk Ciawi.Sebab, mampu mereduksi debit air Sungai Ciliwung hingga sekitar 50% yang tiap kali musim hujan selalu meluap.

Akibatnya tidak hanya hilir yang kebanjiran, hulu pun ikut terendam. Maka itu,kami meminta pemerintah pusat menyetujui gagasan pembangunan Waduk Ciawi,kata Fauzi di Balai Kota,kemarin. Meski belum mengetahui waktu terbit inpres, Fauzi optimistis inpres tentang proyek pembangunan Waduk Ciawi bakal keluar.

Apalagi, waduk ini juga untuk kepentingan negara, karena jika waduk tidak segera dibangun maka Jakarta akan terus kebanjiran. Saya masih tunggu instruksi presiden, mudahmudahan Presiden (SBY) ikut mendukung. Kalau ada oknum pejabat pemerintah pusat yang mengganjal proyek ini, ya saya akan hadapi.Tapi jika Presiden tidak merespons, ya saya angkat topi, beber mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta Wishnu Subagyo mengatakan, rencananya Waduk Ciawi dibangun di atas lahan seluas 200 ha.Waduk ini diperkirakan mampu menampung 10 juta m3 air dengankedalamanrata-rata10 meter.Walau wilayah proyek berada di Kabupaten Bogor, Pemprov DKI Jakarta bertanggung jawab untuk proses pembebasan lahan.

Kami belum dapat memperkirakan biaya pembangunan Waduk Ciawi, karena biaya itu juga menyangkut biaya pembebasan lahan,ujarnya. Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kabupaten Bogor Isman Kadar mendukung kerja sama dengan DKI Jakarta untuk membangun Waduk Ciawi.

Hingga saat ini, pembangunan Waduk Ciawi memasuki tahap perencanaan oleh Departemen Pekerjaan Umum. Kalau dengan DKI Jakarta sih tidak ada masalah, kami mendukung sepenuhnya. Apalagi,selama ini DKI telah memberikan kontribusi terhadap daerah penyangga, seperti memberikan dana pendidikan dan kesehatan Rp10 miliar,paparnya. (sujoni/haryudi)



Post Date : 16 Januari 2008