Warga Keluhkan Bau Truk Sampah

Sumber:Suara Pembaruan - 19 April 2008
Kategori:Sampah Jakarta

[BEKASI] Warga Kota Bekasi, Jawa Barat, mengeluhkan bau busuk yang ditimbulkan truk-truk pengangkut sampah yang melintas di wilayah itu. Mereka meminta segera ditertibkan agar tidak menggangu kesehatan dan aktivitas warga.

"Saya heran truk sampah yang melewati ruas jalan protokol di Kota Bekasi semakin lama semakin ramai. Setiap truk sampah yang melintas pasti menimbulkan bau menyengat," keluh Safar (26), salah satu warga yang biasa melintas di ruas Jalan Ahmad Yani, Kota Bekasi, Sabtu (19/4).

Parahnya, kata Safar, bak truk sampah tidak dibungkus dengan baik sehingga air sampah terus menetes dan bau menyebar ke mana-mana. Ia mengharapkan pembuat kebijakan di Kota Bekasi segera menertibkan truk sampah yang melewati jalan-jalan protokol terutama pada siang hari atau jam sibuk kerja agar tidak membuat resah.

Menanggapi keluhan warga ini, anggota DPRD Kota Bekasi dari FPKS, Sutriono, menegaskan, seharusnya truk-truk sampah DKI Jakarta hanya diperbolehkan melintas di atas pukul 21.00 WIB. "Akibat kondisi itu, selain bau sampah yang menyengat, sampah juga kerap keluar dari truk pengangkut sampah di jalanan. Pemerintah Kota Bekasi harus segera membuat regulasi, guna menertibkan truk sampah milik DKI Jakarta menuju TPA Bantar Gebang," tegas dia.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Kebersihan Kota Bekasi, Dedi Djuanda mengatakan, pada dasarnya truk yang terbuka yang hanya memakai penutup terpal tidak boleh melintasi Jalan Ahmad Yani setelah keluar dari pintu tol Bekasi Barat. [HTS/L-8]



Post Date : 19 April 2008