Waspadai Penyakit di Musim Hujan

Sumber:Pikiran Rakyat - 12 Nopember 2004
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
BANDUNG, (PR).-Bersamaan dengan mulai datangnya musim hujan, masyarakat Jabar diharapkan mewaspadai berbagai penyakit, seperti demam berdarah DB, diare, dan muntaber.

Hal tersebut dikemukakan Kepala Dinas Kesehatan Jabar Y. Prayudha kepada "PR", di Dinas Kesehatan Jabar, Kamis (11/11), berkaitan dengan mulai datangnya musim hujan.

Lebih jauh dia mengatakan, masyarakat hendaknya benar-benar mengantisipasi terhadap penyakit DB, diare, dan muntaber yang biasa muncul saat musim hujan. Sebab, jika mewabah atau muncul kejadian luar biasa (KLB), akan sulit ditangani, karena butuh sumber daya manusia yang banyak.

"Antisipasi dapat dilakukan masyarakat misalnya dengan cara sesegara mungkin pergi ke puskesmas dan rumah sakit terdekat bila badan sudah merasa tidak enak. Jadi, jangan menunggu hingga sakit parah. Selain itu, jangan minum obat sembarangan," ujar Prayudha.

Dia mengungkapkan, untuk mengantisipasi penyakit DB, maka masyarakat diharapkan memberantas sarang nyamuk dengan cara 3M (menguras, mengubur, dan menutup). Bak mandi harus selalu dikuras, kaleng-kaleng bekas harus dikubur, dan jangan ada genangan air. Hal ini perlu sebagai antisipasi, sebab berdasarkan pengalaman tahun lalu, demam berdarah selalu mulai muncul pada Desember.

Siapkan posko

Sementara itu, untuk mencegah terjadinya penyakit diare, Prayudha mengingatkan, agar masyarakat jangan makan sembarangan, makanan berlebihan, dan hati-hati meminum air. "Jangan sampai kejadian muntaber yang melanda Surabaya terjadinya juga di sini. Hal tersebut bisa terjadi mungkin karena makanan yang tercemar atau pemakaian air yang kurang bersih," paparnya.

Sementara itu, untuk mengantisipasi apabila terjadi bencana longsor, banjir, munculnya penyakit DB, diare, dan malaria, Dinas Kesehatan Jabar menyediakan posko-posko pelayanan kesehatan di jalur-jalur rawan serta puskesmas siaga 24 jam.

"Begitu juga dengan rumah sakit-rumah sakit disiagakan 24 jam. Selain itu, pemantauan lapangan lebih ditingkatkan, sehingga bila diterima laporan kejadian di suatu tempat, petugas kesehatan langsung turun ke lapangan," jelasnya.

Sementara itu, menurut catatan PR, dalam beberapa hari ini hujan mulai mengguyur Kota Bandung. Namun demkian, hujan deras tersebut belum mengakibatkan banjir seperti biasa terjadi antara lain di Kelurahan Cisaranten. (A-62)

Post Date : 12 November 2004