Waspadai Serangan Diare

Sumber:Indo Pos - 06 April 2007
Kategori:Sanitasi
MOJOKERTO - Wabah diare masih menjadi momok bagi warga Mojokerto. Khususnya pada musim hujan dan pergantian iklim yang menentu ini. Setidaknya, ada enam balita yang dirawat intensif di RSUD dr Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto karena serangan diare. Bahkan, satu di antaranya tergolong diare akut disertai kekurangan gizi.

Balita ini adalah Jahfa, 16 bulan, yang dirawat di Ruang Flamboyan bersama lima balita penderita diare lainnya. Kondisinya berangsur membaik setelah dirawat Senin (2/4) kemarin. Hanya berat badannya yang sebelum terkena diare tercatat 7 kilogram, kini berkurang hanya 6,4 kilogram. Sehingga, keadaan fisiknya terlihat kurus dan kulitnya sangat layu. Bila didekati, Jahfa sering menangis, bahkan rewel ketika disuapi makanan.

"Memang kekurangan gizi, makannya juga sulit, apalagi setelah terkena diare, berat badannya turun," kata ibunya, saat menunggu di RSUD dr Wahidin Sudiro Husodo, kemarin. Selain Jahfa, penderita diare lain yang juga diberikan perawatan intensif di antaranya Tevani, 2 tahun, warga Balongrawe Kota Mojokerto; Cindy, 5 bulan, warga Sidomulyo; dan Nadifa, 7 bulan, warga Sambiroto, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto.

Direktur RSUD dr Wahidin Sudiro Husodo Mojokerto dr Suprijono W mengatakan, pasien diare saat ini cenderung berkurang dari dua bulan sebelumnya. Seperti halnya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), penderita diare juga tergolong musiman pada bulan-bulan tertentu. Walaupun demikian, penyebaran penyakit diare masih perlu diwaspadai, khususnya pada balita dan anak-anak. "Dari 21 kapasitas tempat tidur yang ada di Ruang Flamboyan, sekarang terisi 13 orang, jadi sudah mulai berkurang," ungkap dr Suprijono W.

Sebagaimana RSUD lain, jelas dr Supriyono, sebagian besar penderita yang dirawat (bukan hanya pasien anak, Red) di RSUD dr Wahidin Sudiro Husodo juga berasal dari keluarga miskin. Rata-rata pasien gakin ini memiliki kartu Askes Maskin dan membawa Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari desa. (bin)



Post Date : 06 April 2007