Artikel

Halaman : 8
Menampilkan 141 - 160 dari 171 data

Mbah Otto, Meniti Tebing demi Air Bersih

"SAYA ingin air bersih buat anak cucu sebab air yang ada keruh dan membuat gatal-gatal. Akibatnya, anak cucu saya dan hampir seluruh warga kampung menderita kulit borok," kata Mbah Otto (90), warga Kampung Cikarees, Desa Padasuka, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Mengelola Sampah Puing Pascabencana

BENCANA alam, seperti banjir, angin puting beliung, gempa bumi, dan tsunami bukan hanya menyisakan kesedihan yang mendalam karena mengakibatkan meninggalnya orang- orang yang dicintai dan rusaknya sarana kehidupan, tetapi juga menyisakan puing-puing reruntuhan konstruksi bangunan dalam jumlah besar.

Disaring, Langsung Bisa Diminum!

MINUMLAH air putih delapan gelas setiap hari! Gaya hidup sehat telah menempatkan air sebagai elemen yang penting dalam keseharian hidup kita. Namun, untuk memiliki tubuh bugar, tentunya tak sembarang air dapat dikonsumsi.

Disaring, Langsung Bisa Diminum!

MINUMLAH air putih delapan gelas setiap hari! Gaya hidup sehat telah menempatkan air sebagai elemen yang penting dalam keseharian hidup kita. Namun, untuk memiliki tubuh bugar, tentunya tak sembarang air dapat dikonsumsi.

Sahabatku Sungai Barito, Mengapa Engkau Tak Seramah Dulu

"KAMI takut saat bulan purnama nanti datang," begitu ungkap warga korban banjir di Desa Rimbun Tulang, Kecamatan Kuripan, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan

Kakao Siap Panen Itu Terendam Air Berhari-hari

MUH Nawir (60) sulit tersenyum. Bibirnya terasa kaku. Kepala Desa Beringin Jaya, Kecamatan Baebunta, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, ini hanya tercenung memandangi kebun-kebun kakao miliknya yang sudah 10 hari terendam air setinggi satu hingga 1,5 meter.

Mamat Menyulap Sampah Jadi Ikan Hias

MAMAT Rachmat (40) lelaki asal Kampung Nagrog, Desa Linggajaya, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya, adalah perajin berbagai macam kerajinan hiasan rumah. Pekerjaannya boleh dibilang sukses, karena hasil kerajinannya pernah terjual sampai keluar negeri, di antaranya, Belanda, Jerman dan Australia. Namun yang patut dibanggakan justru bahan baku yang digunakan berasal dari sampah yang tidak terpakai.

Sudahkah Anda Peduli pada Sampah?

Kalau pertanyaan itu diajukan ke warga Jakarta dan sekitarnya, jawabnya tentu tak sama. Tetapi dari berbagai jawaban itu, semua sepakat dan setuju, hidup bersih adalah dambaan mereka.

Ooh Ingin Lepaskan Derita Lewat TPA

Orangtua dan muda berbusana kotor dan bau tampak ragu-ragu mendekati sampah. Mereka saling berpandangan, menanti isyarat untuk mengambil sampah. Saat seorang pemuda pemulung mendekati sebuah tumpukan sampah, pemulung yang lain ikut mendekat. Namun, gerakan mereka di depan tumpukan sampah masih kaku dan kikuk.

Semarang Menuju Kota Bersih

SEBAGAI manusia yang melakukan berbagai kegiatan dan aktivitas setiap hari, dapat dipastikan akan selalu bersentuhan atau punya masalah dengan sampah. Sampah yang dimaksud di sini adalah sisa-sisa produksi dari apa yang kita lakukan setiap harinya, yang menurut anggapan kita sudah tidak bisa dimanfaatkan lagi.

Kedisiplinan Penjual Air

HARI itu, jam baru menunjuk pukul 15.30. Namun, Giyanto, seorang penjual air keliling, sudah duduk santai di depan pos pengambilan air di Jalan Raya Kamal, Cengkareng, Jakarta Barat.

Konsentrasi Metana antara LEL dan UEL, Dapat Menyebabkan Ledakan di TPA Sampah

PERISTIWA meledaknya tumpukan sampah di lokasi Tempat Pembuangan Akhir Sampah Leuwigajah pada 21 Februari 2005 dini hari yang menyebabkan puluhan orang meninggal tertimbun tumpukan sampah merupakan akibat ledakan gas yang dihasilkan dari proses dekomposisi sampah.

Masa Depan Pengelolaan Sumber Daya Air di Indonesia, Semuanya Bisa Diusahakan

SEMENTARA Undang-Undang Nomor 7 tentang Sumber Daya Air masih terus disidangkan di Mahkamah Konstitusi, pemerintah yang dikoordinir oleh Departemen Pekerjaan Umum kini tengah giat mempersiapkan berbagai rancangan peraturan pemerintah di bawah UU SDA yang kontroversial tersebut.

Atasi Sampah, PU Kembangkan "Komposter"

TIDAK kurang dari 80% sampah yang dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA) sampah berasal dari rumah tangga.

Adakah yang Tahu Sekarang Hari Air?

"WATER FOR LIFE" atau air untuk kehidupan. Itulah tema peringatan Hari Air Sedunia (HAS) 2005.

Air Bersih Bebas Bakteri dan Zat Kimia

AIR merupakan kebutuhan pokok makhluk hidup. Bila manusia, hewan, dan tumbuhan kekurangan air, maka akan mati.

Mengolah Sampah Menjadi Berkah

SEJAK terjadi longsor di TPA Leuwigajah dan terbatasnya kapasitas TPA Jelekong, sirkulasi pembuangan sampah di Kota Bandung dan sekitarnya macet. Akibatnya, dalam beberapa hari belakangan ini, sampah menggunung di mana-mana dan menyebarkan bau tak sedap.

Teknik Subak Solusi bagi TPA Leuwigajah

LONGSORNYA gundukan sampah di Tempat Pembuangan Akhir Leuwigajah, Cimahi, Februari lalu, diakibatkan oleh tidak lancarnya sistem aliran air atau drainase di "badan sampah" itu.

Pusingnya Mengurus Banjir di Ibu Kota

MEMBICARAKAN banjir di Jakarta tentu tidak semata-mata memperbincangkan sebuah bencana alam buah tangan Tuhan.

Banjir Makin Kerap Terjadi

Banjir lagi, ngungsi lagi...," gerutu warga. Maklum, jika warga yang tinggal di daerah rawan banjir letih dan kesal.

Terpopuler di Artikel

Tanah tak Lagi Menyimpan Air

Kategori : Kumpulan Berita - Kliping - Artikel

Sipesat, Cara Depok Menuju Bersih

Kategori : Kumpulan Berita - Kliping - Artikel

Ada "Wewangian" Baru di Kota Bandung

Kategori : Kumpulan Berita - Kliping - Artikel

Bangga Menjadi Abdi di "Kerajaan Sampah"

Kategori : Kumpulan Berita - Kliping - Artikel

Budayakan Membangun Sumur Resapan...

Kategori : Kumpulan Berita - Kliping - Artikel