Leaflet

Halaman : 5
Menampilkan 81 - 100 dari 447 data

Pembelajaran Program Sekolah Bersih, Hijau, Sehat (MI Al-Ifadah: Dulu dan Kini)

MI Al – Ifadah adalah madrasah yang berlokasi di tengah perkampungan RW 13 Kelurahan Penjaringan Jakarta Utara. Bangunannya sangat sederhana, bahkan ada kelas yang rembes oleh air hujan di kala musim penghujan datang.
   
Leaflet ini berisi penjelasan mengenai program terpadu dari ESP dan Tim Kota di MI Al-Ifadah, manfaat dari kerjasama antara sekolah, Pemda dan organisasi masyarakat.


Program Sekolah Bersih, Hijau dan Sehat Di DKI Jakarta Peningkatan Infrastruktur Sekolah Bersih, Hijau dan Sehat

Program Sekolah Bersih, Hijau dan Sehat ESP-USAID berorientasi pada perubahan perilaku siswa sekolah dasar, yang bertujuan memotong mata rantai perpindahan kuman, serta membuat lingkungan belajar menjadi semakin bersih dan hijau.
   
Sedangkan dalam rangka mewujudkan Sekolah Bersih, Hijau dan Sehat, ESP bersama 6 sekolah binaan di DKI Jakarta melakukan perbaikan sarana sekolah untuk mendukung pelaksanaan perilaku hidup bersih dan sehat. Dalam hal ini, ESP membantu dalam penyediaan material bangunan dan sekolah memberikan kontribusi berupa tenaga tukang sebagai pelaksana.


Share Your Garbage: Sampah Anda juga bisa bermanfaat

Bagi sebagian masyarakat kemasan plastik bekas sering kali dianggap sebagai barang yang tak berguna dan dibuang begitu saja ke tempat sampah. Tanpa disadari plastik adalah satu material yang dapat merusak lingkungan, karena sifatnya yang tak mudah hancur sehingga memerlukan waktu hingga ratusan tahun untuk bisa terurai dalam tanah.
   
Share Your Garbage adalah salah satu program ESP untuk mengajak masyarakt berbagi sampah plastik – khususnya sampah plastik fleksibel – untuk didaur ulang menjadi bahan kerajinan tangan. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungannya dengan memilah sampah sekaligus mendukung peningkatan ekonomi keluarga.


Pembelajaran Program Sekolah Bersih, Hijau, Sehat: Madrasah Ibtidaiyah Al-Mamuriyah, Jakarta Pusat

MI Al-Ma’muriyah terletak di jalan Raden Saleh raya No. 30, Cikini, di lokasi yang sama dengan masjid Al-Ma’mur, salah satu bangunan cagar budaya di Jakarta Pusat. Didirikan pada tahun 1964, sekolah ini memiliki siswa 59 orang dan 12 orang staf pengajar. Namun karena MI berada dalam satu kompleks dengan TK, MTs, dan SMK, bila digabung total siswanya mencapai 300 orang. Tidak hanya berbagi gedung, siswa siswi  MI pun harus berbagi fasilitas sanitasi dengan siswa siswi lainnya. Sumber air bersih yang digunakan oleh madrasah – yang dibelakangnya mengalir Sungai Ciliwung ini – adalah air tanah, dengan kualitas air yang berwarna dan berasa.
   
Leaflet ini menjelaskan mengenai program sekolah bersih, hijau dan sehat di MI Al-Ma’muriyah bekerjasama dengan ESP.


Pembelajaran Program Sekolah Bersih, Hijau, Sehat: Madrasah Ibtidaiyah Al Kenaniyah, Jakarta Timur

MI Al Kenaniyah terletak di jalan Perintis Kemerdekan Pulo Nangka Barat I/14, Jakarta Timur. MI Kenaniyah ini tidak berdiri sendiri, terdapat juga MTs, MA dan pesantren putri yang mengharuskan MI Al Kenaniyah berbagi gedung dengan ketiganya di bawah naungan Yayasan Al Kenaniyah dengan total siswa mencapai 502 orang, sedangkan total guru dan karyawan mencapai 70 orang. Tidak hanya berbagi gedung, namun juga berbagi fasilitas umum seperti MCK, lapangan dan taman bermain.
   
Leaflet ini berisi penjelasan mengenai program sekolah bersih, hijau dan sehat bekerjasama dengan ESP.


Profil Program RW 08 Kelurahan Petojo Utara

RW 08, Petojo Utara, Jakarta Pusat terdiri dari 14 RT yang dihuni oleh 2.966 warga dengan status sosial ekonomi yang bervariasi. Sekitar 19% atau 570 warga hidup di bawah garis kemiskinan. Di RW ini, terdapat kurang lebih 230 Ibu yang mempunyai anak di bawah umur lima tahun yang sebagian besar aktif dalam kegiatan Posyandu.
   
Setelah melakukan kajian bersama, mitra dan program USAID sejak awal tahun 2006 mulai melakukan program-program terkait lingkungan dan kesehatan ibu dan anak, yaitu program Kampung Hijau (SENYUM) dilaksanakan oleh Mercy Corps Indonesia, ESP (Environmental Services Program) untuk program air bersih, sanitasi, persampahan dan kebersihan pribadi, HSP (Health Services Program) untuk program kesehatan ibu dan anak, Desa SiAga, SWS (Safe Water System) / Aman Tirta untuk program air minum sehat dengan Air RahMat, serta ASA (Aksi Stop AIDS) bekerjasama dengan Puskesmas Kecamatan Gambir untuk program konseling dan tes HIV/ AIDS.


Profil Program RW 04 Kelurahan Jembatan Besi

RW 04, Kelurahan Jembatan Besi, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat merupakan salah satu lokasi kerja terintegrasi USAID di DKI Jakarta. RW 04 terbagi dalam 8 RT dan berada di atas lahan seluas 4,23 hektar dengan jumlah kepala keluarga sebanyak kurang lebih 428 atau 1.922 orang dimana 172 atau 9% diantaranya adalah balita. Berdasarkan data yang diterbitkan oleh BPS, tahun 2001 terdapat 127  rumah tangga miskin atau 30% dari total rumah tangga di RW 04 adalah masyarakat miskin.
   
Leaflet ini menceritakan 3 program ESP di RW 04 Kelurahan Jembatan Besi Tambora, yaitu program penyediaan air bersih, program pengelolaan sampah berbasis masyarakat, dan perubahan perilaku hidup bersih dan sehat.


Perubahan Iklim Mengancam


Bencana Di Bumi Akibat Ulah Tangan Kita! Mari Kita Selesaikan dengan Tangan Kita Sendiri!

Pemanasan global adalah terjadinya peningkatan suhu akibat efek rumah kaca. Efek rumah kaca terjadi akibat pemakaian energi fosil yang berlebihan sehingga gas CO2 yang terbentuk dipantulkan kembali ke bumi oleh atmosfer. Akibatnya suhu di bumi meningkat, melelehkan gunung es dan terjadi gelombang air pasang yang menenggelamkan pulau serta banjir.

Dampak semua ini kembali ke manusia dan ini akibat ulah manusia pula yang tak menyadari ramah lingkungan. Maka dari itu, leaflet ini berisi 10 prinsip bijak dalam menyelamatkan bumi, yaitu; perlakukan tanah secara bijak, tingkatkan kualitas hidup, budayakan prinsip 3R, hemat air, hemat energi, efisienkan penggunaan transportasi, kurangi CO2, selamatkan udara dengan tanam pohon, kelola sampah menjadi berkah, gunakan tas untuk mengurangi tas plastik, hindari pemakaian bahan kimia berlebihan.


APPB/ IWASD (Aliansi Perempuan untuk Pembangunan Berkelanjutan/ Indonesian Womens Alliance for Sustainable Development)

APPB (Aliansi Perempuan untuk Pembangunan Berkelanjutan) merupakan wadah kelompok perempuan untuk bertukar informasi dan bertukar pengalaman sebagai  wahana pelaksanaan pembangunan berkelanjutan.
   
Leaflet ini berisi profil dari APPB, meliputi latar belakang pembentukan, visi misi, strategi, yang bisa bergabung, prinsip aliansi, sifat aliansi, deklarasi nasional APPB, rencana kegiatan, susuana pengurus, serta lembar konfirmasi keanggotaan perorangan untuk bergabung menjadi anggota APPB.


Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang

Sampah telah menjadi permasalahan nasional sehingga pengelolaan perlu dilakukan secara komprehensif dan terpadu dari hulu ke hilir agar memberikan manfaat secara ekonomis sehat bagi masyarakat dan aman bagi lingkungan, serta dapat merubah perilaku masyarakat oleh karena itu telah dibentuk UU No.18 tahun 2008, tentang Pengelolaan Sampah.
   
Leaflet ini berisi penjelasan mengenai konsep proyek penanganan atau pengembangan TPA Bantargebang menjadi Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) oleh Pemda Provinsi DKI Jakarta bekerjasaam dengan PT. Godang Tua Jaya, Jo PT. Navigat Energy yang dimaksudkan untuk menjawab berbagai permasalahan dari TPA Bantargebang.


Sumur Gali

Sumur gali adalah sarana untuk menyadap dan menampung air tanah dari akuifer yang digunakan sebagai sumber air baku untuk air minum dan mampu menghasilkan 400 liter setiap hari untuk satu keluarga.

Leaflet ini berisi penjelasan mengenai sumur gali berdasarkan Peraturan Menteri PU Nomor 01/PRT/M/2009 tentang penyelenggaraan pengembangan sistem penyediaan air minum bukan jaringan perpipaan, meliputi skema, ketentuan lokasi, persyaratan konstruksi, ketentuan umum pengoperasian, serta cara pemeliharaan sumur gali.


Destilator Surya Atap Kaca

Instalasi destilator surya atap kaca (DSAK) adalah alat untuk mendestilasikan air laut menjadi air minum dengan memanfaatkan tenaga surya dalam satu ruangan tertutup beratap kaca. Kini, air laut bisa menjadi tawar dengan menggunakan sinar matahari sebagai sumber energi yang ditangkap melalui atap kaca.

Leaflet ini berisi penjelasan mengenai DSAK berdasarkan Peraturan Menteri PU Nomor 01/PRT/M/2009 tentang penyelenggaraan pengembangan sistem penyediaan air minum bukan jaringan perpipaan, meliputi skema instalasi, ketentuan umum, kriteria desain, serta pemeliharaan dari DSAK.


Penampungan Air Hujan

Penampungan Air Hujan (PAH) adalah wadah untuk menampung air hujan sebagai air baku, yang penggunaannya bersifat individual atau skala komunal, dan dilengkapi saringansi. PAH dapat dimanfaatkan secara individu atau masyarakat secara umum jika saat musim kemarau, persediaan airsedikit atau kering. Dipilih pada daerah-daerah kritis dengan curah hujan minimal 1.300 mm per tahun, dipasang di lokasi atau daerah rawan air minum.

Leaflet ini berisi penjelasan mengenai penampungan air hujan (PAH) berdasarkan Peraturan Menteri PU Nomor 01/PRT/M/2009 tentang penyelenggaraan pengembangan sistem penyediaan air minum bukan jaringan perpipaan, meliputi penyelenggaraan, skema, tabel komponen, serta pemeliharaan dari PAH.


Sumur Pompa Tangan


Instalasi Saringan Rumah Tangga

Instalasi Saringan Rumah Tangga (SARUT) merupakan sarana pengolahan air dengan menggunakan teknologi sederhana untuk skala individual/ rumah tangga, berupa suatu wadah yang diisi pasir/ kerikil/ arang batok kelapa dengan ukuran butir tertentu dan berfungsi menyaring atau menurunkan kekeruhan. Dengan SARUT air keruh menjadi bening dan siap dimanfaatkan. Apabila belum memenuhi kualitas air minum, maka air minum dari SARUT harus dibubuhkan desinfektan atau dimasak terlebih dahulu.

Leaflet ini berisi penjelasan mengenai SARUT berdasarkan Peraturan Menteri PU Nomor 01/PRT/M/2009 tentang penyelenggaraan pengembangan sistem penyediaan air minum bukan jaringan perpipaan, meliputi skema, ketentuan umum, pemeliharaan, serta kelengkapan cara pemeliharaan SARUT.


Sumur Dalam

Sumur dalam adalah bangunan/ konstruksi sumur dengan kedalaman lebih dari 25 meter. Kualitas air yang bagus dapat diperoleh dengan debit yang stabil. Sumur dalam dapat digunakan secara komunal, dengan pengelola adalah individu atau kelompok yang ditunjuk oleh masyarakat pengguna.

Leaflet ini berisi penjelasan mengenai sumur dalam berdasarkan Peraturan Menteri PU Nomor 01/PRT/M/2009 tentang penyelenggaraan pengembangan sistem penyediaan air minum bukan jaringan perpipaan, meliputi skema, ketentuan umum, ketentuan teknis, pemeliharaan, permasalahan, serta solusi dari sumur dalam.


Perlindungan Mata Air

Perlindungan Mata Air (PMA) merupakan bangunan atau konstruksi untuk melindungi sumber mata air terhadap pencemaran yang dilengkapi dengan bak penampung. Perlindungan mata air dibangun untuk melindungi sumber mata air terhadap pencemaran dan dilengkapi dengan bak penampung sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara umum melalui pengaliran gravitasi maupun dengan pompa.

Leaflet ini berisi penjelasan mengenai perlindungan mata air berdasarkan Peraturan Menteri PU Nomor 01/PRT/M/2009 tentang penyelenggaraan pengembangan sistem penyediaan air minum bukan jaringan perpipaan, meliputi ketentuan umum, skema, komponen, serta cara pemeliharaan PMA.


Instalasi Pengolahan Air Minum dengan Reverse Osmosis

Reverse Osmosis (RO) adalah suatu teknologi pemurnian air yang menggunakan membran semipermeabel. Air menjadi siap minum dengan instalasi pengolahan air minum reverse osmosis.

Leaflet ini berisi penjelasan mengenai instalasi pengolahan air minum dengan reverse osmosis berdasarkan Peraturan Menteri PU Nomor 01/PRT/M/2009 tentang penyelenggaraan pengembangan sistem penyediaan air minum bukan jaringan perpipaan, meliputi skema instalasi, ketentuan teknis, pemeliharaan, serta perangkat modul pengolahan sistem RO.


12 Modul SPAM BJP (Sistem Penyediaan Air Minum Bukan Jaringan Perpipaan)

Sistem penyediaan air minum bukan jaringan perpipaan (SPAM BJP) merupakan satu kesatuan sistem fisik (teknik) dan non fisik dari prasarana dan sarana air minum baik bersifat individual, komunal, maupun komunal khusu yang unit distribusinya dengan atau tanpa perpipaan terbatas dan sederhana, dan tidak termasuk dalam SPAM.

12 modul SPAM BJP, yaitu Perlindungan Mata Air, Destilator Surya Atap Kaca, Instalasi Saringan Rumah Tangga (SARUT), Sumur Gali, Sumur Dalam, Hidran Umum, Mobil Tangki Air, Sumur Pompa Tangan, Penampungan Air Hujan, Terminal Air, Reverse Osmosis, serta Instalasi Pengolahan Air Minum Sederhana (IPAS).

Leaflet ini berisi penjelasan mengenai SPAM BJP berdasarkan Peraturan Menteri PU Nomor 01/PRT/M/2009 tentang penyelenggaraan pengembangan sistem penyediaan air minum bukan jaringan perpipaan.


Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10... 23Next

Terpopuler di Leaflet





Percik 2016



Pedoman Pengukuran Capaian Pembangunan Perumahan Dan Permukinan Berbasis Hasil (Outcome)



Belajar Dari Champions



Buku dongeng KSAN



Buku : Kita Bisa



E-survey SABRT

Aplikasi e-Survey Survey AMPL Berbasis Rumah Tangga


Daftar milis_ampl