Sanitasi

Halaman : 5
Menampilkan 81 - 100 dari 1128 data

STBM Butuh Dukungan Semua Kalangan

PERILAKU Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) memerlukan perhatian dari berbagai kalangan, termasuk media massa. Dalam hal ini, media berperan memberikan kesadaran kepada masyarakat dan pemerintah mengenai pentingnya STBM. Dalam pelaksanaan STBM, pemerintah berfungsi sebagai perencana.

Media Massa Pegang Peranan Penting Publikasi Program STBM

Plan Indonesia menilai media massa memegang peranan penting dalam memberikan informasi tentang pentingnya sanitasi. Pemberitaan media berfungsi sebagai pendorong terjadinya perubahan perilaku masyarakat tentang sanitasi dengan menekankan lima pilar STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat).

Sanitasi di Sejumlah Nagari Masih Buruk

Program Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat (SLBM) di Pesisir Selatan memasuki tahapan perencanaan dan penandatanganan kontrak kerja dengan Pemerintah Nagari sasaran program. Pemerintah nagari sasaran program telah menyelesaikan dokumen penandatanganan kontrak pekan lalu.

Kampanye Sanitasi Kurang Mengena Di Masyarakat

Kampanye persoalan sanitasi di Indonesia dinilai kurang mengena di masyarakat. Masih banyak masyarakat yang membuang sampah sembarangan dan membakar sampah. Demikian disampaikan salah satu duta sanitasi dari Sulawesi Barat, Hera Davita Pasa, saat mengikuti praktek kerja lapangan di Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Mulyoagung, di Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, JawaTimur, Jumat (5/9/2014).

Tak Cuma Picu Diare, Sanitasi Buruk Juga Picu Penyakit Kulit dan Cacingan

Sanitasi yang buruk memang identik dengan munculnya risiko diare, baik pada orang dewasa maupun anak-anak. Namun waspada, tak menjaga kebersihan lingkungan dengan baik juga bisa menimbulkan penyakit lain seperti penyakit kulit dan cacingan.

RI Butuh 18 Juta Sarana Sanitasi 

SEKITAR 63 juta penduduk Indonesia berdasarkan data World Bank Water Sanitation Program (WSP) tahun lalu tercatat belum memiliki toilet atau jamban yang layak.Kondisi itu memaksa mereka masih sering buang air besar sembarangan di sekitar permukiman.

Warga Pulau Ende Mulai Hidup Sehat

ENDE, KOMPAS — Masyarakat di Pulau Ende, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur, sejak satu tahun terakhir mulai membiasakan diri dengan pola hidup sehat. Warga mulai terbiasa mencuci tangan sebelum makan, tidak membuang air besar atau sampah di sembarang tempat, dan meminum air setelah dimasak.

Kesadaran Sanitasi Sehat Rendah

JAKARTA, KOMPAS — Kondisi sanitasi lingkungan di Indonesia tertinggal dibandingkan negara lain di Asia. Hal ini karena lemahnya komitmen pimpinan pemerintahan dan rendahnya kesadaran masyarakat terkait pentingnya sanitasi baik.

IUWASH Pelopori Wirausaha Sanitasi di Desa Parungserab

Indonesia Urban Water Sanitation and Hygiene (Iuwash) Usaid mempelopori wirausaha sanitasi dengan percontohan di Desa Parungserab, Soreang. Iuwash memberikan pelatihan untuk membangun jamban dengan harga murah dan sehat.

Pemkot Bekasi Dorong Program Sanitasi Berbasis Masyarakat

Pemerintah Kota Bekasi terus mendorong penerapan program sanitasi berbasis masyarakat (Sanimas) guna menigkatkan kesehatan masyarakat di wilayah padat, kumuh dan miskin.

USAID dan IUWASH Gelar Workshop Sanitasi Bagi Wartawan

Sanitasi merupakan sesuatu yang penting bagi Kota Jayapura, sehingga dua lembaga internasional yang concern di bidang sanitasi,  yakni Usaid dan Iuwash menggelar Workshop Pokja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) Kota Jayapura bersama jurnalis dan media.

Masyarakat Desa Oben Malu Bila Tidak Miliki Jamban

Suksesnya program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM)  di dusun Oben Desa Oben Kecamatan Nekamese tidak terlepas dari adanya koordinasi dan kerjasama yang baik antara pemerintah dan masyarakat setempat, ini terbukti ke 5 Pilar STBM menjadi tujuan utama dalam perilaku hidup masyarakat  tersebut.

Pertahankan Gelar Kabupaten Sehat, Ojang Akan Canangkan Program Jamban Bersih

Berkaitan dengan implementasi program Gapura Serasi (Gerakan Pembangnan Untuk Rakyat, Sehat, Rapih, Bersih dan Indah) pemerintah Kabupaten Subang akan mencanangkan program “Jamban Bersih”. Hal tersebut disampaikan Ojang usai menghadiri peringatan hari jadi Kecamatan Cibogo ke 28 tahun, Kamis (21/8/2014).

Sinarsari Jadi Desa Pertama Realisasikan STBM

Desa Sinar Sari, Kecamatan Kelapa, Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, menjadi desa pertama di daerah itu yang mampu merealisasikan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.

Pemkab Berencana Dirikan Tugu Sanitasi

Untuk memberikan motivasi tehadapa siswa dalam mengharumkan nama kabupaten bahkan provinsi di level nasional pada Jambora Sanitasi 2014, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) berencana membuat tugu sanitasi di kawasan Bundaran Tidar Kota Sampit.

Sarana Kebersihan Sanitasi SD Kurang

Kelayakan sanitasi dan sarana kebersihan di sekolah dasar (SD) yang ada di Kabupaten Semarang masih memprihatinkan.  Ratusan SD yang ada di daerah ini masih kekurangan kamar mandi dan WC. Rata- rata SD yang ada saat ini hanya memiliki dua kamar mandi dan WC.

Kemen PU Siapkan Pemukiman Murah dan Sehat

Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum (PU) menargetkan pelayanan maksimal di bidang permukiman. Dalam RPJM ke-2, pembangunan infratsruktur bidang cipta karya diarahkan untuk mewujudkan peningkatan akses penduduk terhadap lingkungan permukiman yang berkualitas.

Pemkot Susun Buku Putih Sanitasi

Berbagai upaya dilakukan Pemkot untuk menunjang perbaikan pembangunan ifrastruktur. Salah satunya lewat penyusunan buku putih sanitasi yang merupakan pedoman pemetaan situasi sanitasi kota berdasarkan kondisi aktual atau kondisi sebenarnya atau existing condition.

Kota Bekasi Ingin Bentuk Dinas Khusus Sanitasi

Forum Discusion Group (FDG) dan Indonesia Urban Water Sanitation And Hygiene (Iuwash ) menggelar diskusi  dengan Wakil Wali Kota Bekasi Akhmad Syaikhu, di Kantor Pemkot Bekasi Senin (21/7/2014).

Setengah dari Penduduk RI Belum Dapat Akses Sanitasi yang Layak

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum (KemenPU) menargetkan akan menyelesaikan akses sanitasi yang layak pada 2015 sebesar 70,25 persen. Seperti yang diketahui, sanitasi merupakan salah satu kebutuhan dasar masyarakat Indonesia. Sehingga, KemenPu terus menggenjot agar akses sanitasi yang layak ini bisa mencapai 100 persen pada 2019 mendatang.
Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10... 57Next

Terpopuler di Sanitasi

Septic Tank pun Harus Sesuai Standar

Kategori : Kumpulan Berita - Kliping - Sanitasi

Perilaku Hidup Sehat di Jabar Rendah

Kategori : Kumpulan Berita - Kliping - Sanitasi

Edukasi Sanitasi lewat Lomba Karya Tulis dan Poster

Kategori : Kumpulan Berita - Kliping - Sanitasi

Sanitasi Kantin Buruk, Jajanan Sekolah Tak Sehat

Kategori : Kumpulan Berita - Kliping - Sanitasi

Soal Sanitasi, Pemkab Tanjabtim akan Lakukan Studi EHRA

Kategori : Kumpulan Berita - Kliping - Sanitasi




Percik 2016



Pedoman Pengukuran Capaian Pembangunan Perumahan Dan Permukinan Berbasis Hasil (Outcome)



Belajar Dari Champions



Buku dongeng KSAN



Buku : Kita Bisa



E-survey SABRT