Sanitasi

Halaman : 8
Menampilkan 141 - 160 dari 1128 data

Josrizal, Mantan 'Wali Kota WC' Tak Kenal Kompromi

Siapa yang tak mengenal Josrizal Zain di Kota Payakumbuh, Sumatara Barat. Mantan wali kota yang memimpin Payakumbuh selama sepuluh tahun ini oleh warganya dikenal sebagai "Wali Kota WC" dan "Wali Kota Sampah". Jangan salah, ini bukan penghinaan. Julukan itu adalah pengakuan atas keberhasilan lelaki kelahiran Bukittinggi pada 64 tahun lalu tersebut membereskan sanitasi dan problem sampah kota. 

PT Lestari Tani Teladan Raih Penghargaan IMA 2013

PT. Lestari Tani Teladan berhasil menyabet penghargaan dalam ajang Indonesia MDG Awards (IMA) 2013 untuk bidang "akses terhadap air bersih dan sanitasi dasar dari sektor swasta". 

Pontianak-Boras Resmikan Program Kota Bersih Dan Hijau

Pemerintah kota Pontianak bekerjasama dengan Pemerintah Kota Boras, Swedia, meresmikan program Kota Khatulistiwa Hijau dan Bersih ("Clean and Green Equator City") yang merupakan realisasi dari kesepakatan tahun 2012.

Singing Toilet untuk Sanitasi Sinabung

JAKARTA, KOMPAS — Minimnya kondisi sanitasi di lokasi bencana Gunung Sinabung, Sumatera Utara, mengundang keprihatinan sebagian masyarakat di Jakarta. Untuk membantu sanitasi para pengungsi, beberapa kelompok seniman bersama Dewan Kesenian Jakarta menggelar konser ”Singing Toilet” di Taman Ismail Marzuki (TIM), Minggu (2/2).

Warga Desa Padaan Terima Bantuan Jamban Keluarga

SEMARANG- Sebanyak 87 warga Padaan, Kelurahan Podo­re­jo, Kecamatan Ngaliyan Se­ma­rang mendapat bantuan jamban keluarga, belum lama ini. Adapun bantuan tersebut berasal dari Rotary Club Region 1-2-3 di wila­yah Semarang, Kudus, dan Pekalongan

Program sanitasi perkotaan berbasis masyarakat didanai ADB

Program Sanitasi Perkotaan Berbasis Masyarakat (PSBM) pada 2014 dimulai di 432 lokasi dengan nilai program Rp151,2 miliar dengan mendapat pendanaan antara lain dari Bank Pembangunan Asia (ADB).

High Five Ajar 40 Warga Buat Proposal

High Five kembali menggelar pelatihan untuk warga binaannya di Hotel Santika, Jl Sultan Hasanuddin, beberapa waktu lalu. "Kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas anggota kelompok kerja (Pokja) STBM dalam menggalang dana dengan membuat proposal," ungkap Asrul Arif, salah satu fasilitator High Five Makassar, Kamis (23/1/2014).

Target Program PPSP Dimaksimalkan

Program Percepatan Pembangunan Sanitasi (PPSP) merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memperbaiki kondisi air bersih dengan mengarusutamakan percepatan pembangunan sektor sanitasi, dalam rangka pencapaian target RPJMN 2010-2014 dan MDGS 2015. Di Kabupaten Sidrap sendiri, kegiatan PPSP terus diintensifkan melalui sosialisasi di tingkat Desa/lurah yang ada di 11 Kecamatan. 

Warga Lereng Merapi Berjanji Tidak Berak Sembarangan

Merealisasikan kebiasaan pola hidup bersih, masyarakat Lereng Merapi berkomitmen untuk tidak akan membuang air besar (BAB) di sembarang tempat. Komitmen ini diutarakan oleh warga tiga desa di lereng Merapi, yakni Glagaharjo, Kepuharjo dan Umbulharjo di Kecamatan Cangkringan, Sleman. 

Komitmen Daerah pada Akses Air Bersih Rendah

JAKARTA, KOMPAS — Komitmen pemerintah daerah mendukung tercapainya Tujuan Pembangunan Milenium pada tahun 2015, berupa penyediaan air bersih dan pembangunan sanitasi bagi masyarakat, dinilai rendah. Padahal, pemberian layanan dasar itu merupakan kewenangan wajib pemerintah daerah.

Citarum Ditangani Tim

BANDUNG, KOMPAS — Untuk menangani persoalan lingkungan di Sungai Citarum, Pemerintah Provinsi Jawa Barat membentuk tim terpadu bersifat lintas daerah dan antarlembaga di pusat dan daerah. Agar efektif, tim juga akan melibatkan masyarakat dan pelaku industri.

Perlu IPAL Terpadu

BANDUNG, KOMPAS — Sungai Citarum yang tercemar berat mengancam pasokan air bersih bagi jutaan warga di kawasan Bandung Raya. Pemerintah daerah dan pelaku industri tekstil yang banyak menggunakan air sungai itu agar segera membangun instalasi pengolahan limbah atau IPAL terpadu.

Mayoritas Sanitasi di Karawang Buruk

KARAWANG -- Sanitasi rumah warga di Kabupaten Karawang, masih banyak yang buruk. Dari 431.044 sarana air bersih (SAB), hanya 70,44 persennya yang memenuhi syarat. Sisanya, SAB itu tidak sesuai syarat atau sanitasinya masih buruk.

14 Kecamatan di Maros Belajar Penyediaan Air Minum dan Sanitasi

Sosialisasi Program Nasional Penyediaan Air Minum Dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) II digelar Selasa (19/11/2013) di rumah jabatan Bupati Maros.

Seriusnya Singapura Soal Toilet

Dalam rangka merayakan Hari Toilet Sedunia PBB pertama,Singapura menyerukan agar ebih banyak usaha dilakukan untuk memperbaiki kondisi sanitasi di negara berkembang, termasuk yang berlokasi di Asia.

Sarana Sanitasi Kota Buruk

JAKARTA, KOMPAS — Perhatian pemerintah terhadap sarana sanitasi seperti instalasi pengolahan air limbah domestik ataupun industri rendah. Dari 500 kabupaten/kota, hanya 11 yang memilikinya. Secara nasional, limbah tak terkontrol.

Kurangnya Air Bersih Hambat Pencegahan Diare

JAKARTA, KOMPAS — Sebanyak 73 persen dari 305.000 warga Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, tak punya akses cukup pada air bersih. Akibatnya, kebersihan diri dan lingkungan tidak terjaga sehingga mudah terserang penyakit, termasuk diare.

Sektor Sanitasi Perlu Dukungan Swasta

PEMBANGUNAN sektor air minum dan sanitasi di Indonesia dinilai tidak akan bisa mencapai target Sasaran Pembangunan Milenium (MDG) bila hanya mengandalkan pemerintah pusat, karena itu membutuhkan dukungan swasta dan pemda.

Puluhan Juta Jiwa Tanpa Akses

SOLO, KOMPAS — Berjuta-juta penduduk Indonesia tanpa akses sanitasi yang memadai. Bahkan, data Perserikatan Bangsa-Bangsa pernah menempatkan sanitasi Indonesia terburuk kedua di dunia.

World Toilet Summit di Solo Disambut Aksi Simpatik

MENYAMBUT kedatangan peserta World Toilet Summit 2013 di Solo, warga membuat poster selamat datang dari berbagai bahasa. Mereka menggelar aksi di Gladag, Jalan Slamet Riyadi, Selasa (1/10).
Prev 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13... 57Next

Terpopuler di Sanitasi

Septic Tank pun Harus Sesuai Standar

Kategori : Kumpulan Berita - Kliping - Sanitasi

Perilaku Hidup Sehat di Jabar Rendah

Kategori : Kumpulan Berita - Kliping - Sanitasi

Edukasi Sanitasi lewat Lomba Karya Tulis dan Poster

Kategori : Kumpulan Berita - Kliping - Sanitasi

Sanitasi Kantin Buruk, Jajanan Sekolah Tak Sehat

Kategori : Kumpulan Berita - Kliping - Sanitasi

Soal Sanitasi, Pemkab Tanjabtim akan Lakukan Studi EHRA

Kategori : Kumpulan Berita - Kliping - Sanitasi




Percik 2016



Pedoman Pengukuran Capaian Pembangunan Perumahan Dan Permukinan Berbasis Hasil (Outcome)



Belajar Dari Champions



Buku dongeng KSAN



Buku : Kita Bisa



E-survey SABRT