Air Minum

Halaman : 4
Menampilkan 61 - 80 dari 623 data

Pemprov DKI Komitmen Bangun Sumur Resapan Air Bersih

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) berkomitmen untuk mengerjakan sumur resapan guna salah satu cara untuk menanggulangi masalah kebutuhan air bersih.

Sumur resapan akan bantu penyediaan air bersih di Jakarta

Ketersediaan air bersih masih menjadi masalah serius di Jakarta. Karena itu Gubernur DKi Jakarta Joko Widodo, akan terus melakukan berbagai cara untuk mengatasinya.

Jokowi Yakin Mampu Sediakan Sumber Air Bersih Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo tengah mencari cara memenuhi ketersediaan air bersih untuk Ibu Kota. Menurutnya, saat ini ada beberapa cara untuk memenuhi ketersediaan air bersih tersebut, yakni dengan menggaet PDAM dan mendorong terciptanya sumber air baku baru melalui sumur resapan di banyak titik di Jakarta.

Hari Air Sedunia 2013 Dipusatkan di Semarang

Kota Semarang ditunjuk sebagai tempat lokasi peringatan Nasional Hari Air Dunia (HAD) 2013 yang jatuh pada tanggal 22 Maret. Peringatan Nasional HAD akan mengambil tema “water cooperation : save water for life“ dengan mengambil lokasi tempat di Sungai Banjir Kanal Barat, Semarang

Refleksi Hari Air Sedunia

Meski privatisasi termasuk air tanah, air permukaan, air sungai, air danau dan air laut akan menghasilkan keuntungan, namun bisa mengancam kedaulatan negara dan menimbulkan ekses-ekses yang tak senilai dengan keuntungan

"Deep Tunnel" Bisa Suplai Air Baku Hingga 12.000 LPS

Untuk mengatasi kekurangan air baku pada masa mendatang, pembangunan deep tunnel atau terowongan multiguna yang direncanakan Pemprov DKI disiapkan untuk dapat menyuplai kebutuhan air baku hingga 12 ribu liter per second (LPS).

Pencemaran Air Baku ke Jakarta Semakin Meningkat

Pencemaran air baku yang dialirkan ke Jakarta setiap tahunnya semakin meningkat. Padahal, 82 persen pasokan air baku masih sangat tergantung dari Waduk Jatiluhur, Jawa Barat.

Pasokan Air Baku ke Jakarta Makin Tercemar

Pasokan air baku ke Jakarta makin tercemar. Salah satu indikasinya, kadar omoniak air Waduk Jatiluhur di Purwakarta, Jawa Barat, tergolong tinggi. Padahal, 82 persen sumber air Jakarta ditopang dari Jatiluhur.

Palyja Targetkan Jual Air Baku 165 Juta M3

PT PAM Lyonnaise Jaya (Palyja) menargetkan produksi air baku pada tahun ini relatif akan sama dengan tahun sebelumnya. Pada 2012, Palyja sudah memproduksikan air baku sebanyak 261 juta meter kubik (m3)

Pemerintah Dinilai Lalai Menjaga Kualitas Air Baku Jakarta

Kementerian Pekerjaan Umum (Kemen PU) dinilai telah lalai menjaga kualitas air baku Jakarta yang semakin hari semakin tercemar. Sumber air baku ke Ibukota Negara berasal dari Jatiluhur melalui Tarum Barat sudah tidak layak lagi digunakan sebagai air minum.

Deep Tunnel Dipercaya Mampu Suplai Kebutuhan Air Baku

Pembangunan deep tunnel atau terowongan multi guna yang direncanakan oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dipercaya dapat menanggulangi kekurangan air baku di Ibu Kota. Pengamat air perkotaan Universitas Indonesia (UI) Firdaus Ali mengatakan, deep tunnel dapat menyuplai kebutuhan air baku hingga 12.000 liter per second (LPS).

Perebutan Kian Sengit

Krisis air bersih menjadi persoalan yang semakin serius. Kebutuhan terus bertambah, sementara sumber air baku terbatas. Tanpa perencanaan dan usaha mencari sumber baru, defisit air semakin besar khususnya di Pulau Jawa.

Penjualan Saham Palyja Belum Disetujui PAM Jaya

Rencana penjualan 51 persen saham PT Pam Lyonnaise Jaya (Palyja) kepada Manila Water belum dapat dilakukan. Sebab, operator air bersih di Jakarta bagian selatan dan barat ini belum memperoleh persetujuan dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jaya sebagai pihak yang mengatur kerja sama operator air bersih.

PDAM Jakarta Kehilangan 7.500 Meter Kubik Air Per Detik

Kementerian Pekerjaan Umum mencatat tingkat kebocoran air pada perusahaan air minum DKI jauh lebih tinggi dibandingkan dengan tingkat kebocoran rata-rata nasional. “Tingkat kebocoran air pada PDAM Jakarta mencapai 44 persen, jauh di atas rata-rata tingkat kebocoran air PDAM secara nasional sebesar 31 persen,” kata Direktur Pengembangan Air Minum Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum, Danny Sutjiono, di kantornya, Jumat, 15 Maret 2013.

Lalai, RPJMD tak singgung air bersih di Jakarta

Panjangnya pembahasan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) DKI antara Pemprov DKI dan DPRD DKI beberapa waktu lalu, ternyata tak menyentuh sedikitpun klausul pembahasan soal pengolahan air, termasuk pengolahan air di Waduk Jatiluhur.

AIR MINUM: PDAM Macet, Warga Gunungkidul Konsumsi Air Hujan

Warga Dusun Wukirsari, Desa Baleharjo, Wonosari, Gunungkidul, dalam tiga hari terakhir terpaksa memanfaatkan air hujan untuk keperluan rumah tangga.

Gawat, Jakarta kekurangan air bersih

Menurunnya ketersediaan air bersih di Jakarta begitu sangat memprihatinkan. Bagaimana tidak? Air merupakan sumber penghidupan manusia yang utama. Maka dari itu, wajar jika rasanya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta prihatin dengan kondisi ini.

ADB: Tingkat Keamanan Air di Asia-Pasifik Rendah

Ratusan juta orang di Asia-Pasifik belum memiliki akses untuk air bersih dan sanitasi, dan kesenjangan akses tinggi antara warga kaya dan miskin.

Kelompok Swadaya Masyarakat Ardirejo Kelola Air Hingga Sampah

Kerja keras warga Desa Ardirejo Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang Jawa Timur mulai membuahkan hasil. Melalui Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Ardirejo mereka mampu menunjukkan eksistensinya.

Mahasiswa di Samarinda Ubah Air Keruh Jadi Layak Minum

Air merupakan kebutuhan salah satu vital manusia. Jika kebutuhan tersebut belum tercukupi, bisa berdampak besar terhadap kesehatan.
Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9... 32Next

Terpopuler di Air Minum

Apa Perbedaan Air Biasa, Air Beroksigen, dan Air Heksagonal?

Kategori : Kumpulan Berita - Artikel - Air Minum

INSTALASI AIR BERSIH, TIDAK TAMPAK TETAPI PENTING

Kategori : Kumpulan Berita - Artikel - Air Minum

CARA MENDAPATKAN AIR BERSIH

Kategori : Kumpulan Berita - Artikel - Air Minum

Peta Para Penggali Sumur atas Tanah

Kategori : Kumpulan Berita - Artikel - Air Minum

Hak atas Air sebagai Hak Asasi Manusia

Kategori : Kumpulan Berita - Artikel - Air Minum