Drainase

Halaman : 2
Menampilkan 21 - 40 dari 586 data

PERBAIKAN DRAINASE MINIM ANGGARAN

Keadaan drainase di beberapa jalan dan lokasi di Kota Padang  semakin memprihatinkan. Bahkan jika terjadi hujan dengan intensitas sedang pun sudah menyebabkan banjir.

Pemkab Ajak Pusat dan Provinsi Bahas Drainase

Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan Karawang, Acep Jamhuri mengatakan, masalah drainase di wilayah kerjanya sudah sangat gawat. Sehingga, perlu ada solusi secepatnya.

Abu Kelud bebani drainase Yogyakarta

Abu vulkanik erupsi Gunung Kelud yang  masuk ke saluran drainase di Yogyakarta akan menambah beban di saluran tersebu

Dibutuhkan Rp 10 Miliar untuk Menata Drainase

Dinas Cipta Karya Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menaksir anggaran untuk perbaikan drainase mencapai Rp 10 miliar. Mengingat, sampai saat ini Karawang tak memiliki drainase. Terutama, di sepanjang pinggir jalan nasional dan provinsi. Akibat kondisi ini, setiap hujan jalanan tersebut selalu tergenang air. Sehingga, konstruksi jalan rawan mengelupas.

Kemana Para Ahli Drainase Indonesia?

Salah satu musuh utama jalan raya adalah air. Itulah sebab setiap pembuatan jalan raya harus direncanakan secara matang terkait sistem drainase serta kemiringan dan ketinggian geometri jalan raya. Hal ini bertujuan agar aliran air tidak terlalu lama menggenangi jalan raya karena tentu akan merusak struktur jalan.

Sistem Drainase di Sekitar Istana Merdeka Perlu Diaudit

Pemerintah harus segera mengaudit sistem drainase di sekitar kawasan Istana Merdeka. Kemarin, kawasan ring 1 Jakarta itu tergenang setelah hampir seharian Ibu Kota diguyur hujan.

Jokowi Naikkan Anggaran untuk Solusi Banjir dan Macet

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengajukan peningkatan signifikan alokasi dana untuk mengatasi banjir dan kemacetan, dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2014 DKI Jakarta. Peningkatan anggaran sampai dua kali lipat dibandingkan tahun lau.

Dinas PU Bakal Tuntut Penggalian Jalan Sembarangan

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi DKI Jakarta menyebutkan salah satu penyebab genangan di jalan-jalan Ibu Kota adalah berkurangnya luas saluran air jalan (drainase) karena galian untuk kepentingan utilitas seperti kabel optik, pipa air, ataupun gas. Berkurangnya luas penampang drainase itu disebabkan pihak pemasang utilitas tidak melakukan penggalian dengan aturan dan standar yang sudah PU berikan.

PU DKI akan Bangun Terowongan Air

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI, Manggas Rudy Siahaan mengatakan pihaknya akan membangun terowongan air di bawah jaringan jalan untuk mengatasi banjir yang disebabkan perubahan tata ruang di ibukota.

Sodetan Solusi Sesaat

Pembuatan sodetan Sungai Ciliwung ke Cisadani untuk mengatasi banjir di Ibu Kota dinilai hanya solusi sementara. Kebijakan tersebut harus dibarengi dengan langkah jangka panjang lainnya.

Pemprov akui buruknya drainase di ibu kota

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI mengakui, banjir dan genangan yang terjadi di sejumlah jalan di Jakarta diakibatkan buruknya drainase.

Sistem Drainase yang Buruk Jadi Penyebab Banjir Jakarta

Kondisi kota Jakarta yang belum memiliki sewerage system (sistem aliran pembuangan) dinilai sebagai penyebab sebagian besar saluran drainase jalan di ibukota menjadi over capacity. Akhirnya menyebabkan banjir dan genangan di berbagai titik.

Rehabilitasi Drainase Gunakan Skala Prioritas

Perbaikan drainase Kabupaten Kulonprogo bagian selatan akan menggunakan skala prioritas menyusul dana yang tersedia tidak mencukupi untuk memperbaiki seluruh kerusakan yang ada. Saat ini dana yang tersedia untuk perbaikan drainase sebesar Rp 12 Miliar berasal dari Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak.

Titik Genangan Belum Tertangani

JAKARTA, KOMPAS — Sejumlah titik rawan genangan di DKI Jakarta belum tertangani meski Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah dan sedang menormalisasi sungai, saluran, dan waduk. Air menggenang seiring turunnya hujan, pasang air laut, dan turunnya muka tanah.

Volume Sampah di Drainase Memprihatinkan

VOLUME sampah yang ada di saluran drainase kota ini sudah dalam tahap memprihatinkan. Hal itu diungkapkan kepala bidang di Dinas PSDA ESDM, Rosid Hudoyo, Minggu (1/12).

Kali, Korban Tata Ruang Salah

JAKARTA, KOMPAS — Banjir dan kekurangan air bersih karena kondisi sungai yang buruk diakibatkan penerapan tata ruang yang salah kaprah. Ke depan, setelah pengesahan rencana detail tata ruang ditetapkan, tata ruang harus menjadi acuan bersama

Cengkareng Dikeruk

JAKARTA, KOMPAS — Untuk mengurangi banjir, ruas Cengkareng Drain sepanjang 7,84 kilometer di wilayah Jakarta Barat sampai Sunter, Jakarta Utara, akan dikeruk dengan jumlah endapan galian mencapai 1.624 meter kubik. Selain itu, lebar kali akan dirapikan menjadi 60-70 meter.

Drainase Jakarta Bermasalah

JAKARTA, KOMPAS — Genangan air merendam jalan dan mengakibatkan banjir di permukiman saat hujan deras mengguyur Jakarta. Ini jadi bukti jika drainase kota ini masih bermasalah. Gorong-gorong tak berfungsi, saluran air tertutup bangunan, sampai buruknya kondisi sungai belum juga teratasi.

Pemprov DKI Sulit Tangani Banjir

JAKARTA, KOMPAS — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan sulit menangani persoalan banjir. Pasalnya, hingga saat ini Pemprov DKI belum memiliki peta saluran air. Padahal, peta aliran ini diperlukan sebagai pijakan untuk membenahi saluran.

60% Penduduk Kota Banjarmasin Akan Kesulitan Air Bersih

Sekitar 60% penduduk Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, diperkirakan kesulitan air bersih menyusul adanya perbaikan pipa pesar Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) kota setempat karena akan terjadi penghentian total suplai air ke sebagian besar masyarakat kota tersebut.
Prev 1 2 3 4 5 6 7... 30Next

Terpopuler di Drainase

Pengendali Banjir dengan Sistem Polder

Kategori : Kumpulan Berita - Kliping - Drainase

Perda Rawa Tidak Efektif, Rawa di Palembang Diuruk

Kategori : Kumpulan Berita - Kliping - Drainase

Peran Masyarakat & Drainase Berwawasan Lingkungan

Kategori : Kumpulan Berita - Kliping - Drainase

Menunggu Tenggelamnya Desa Dadap

Kategori : Kumpulan Berita - Kliping - Drainase

Drainase Buruk, Jalan-jalan Di Bogor Rusak

Kategori : Kumpulan Berita - Kliping - Drainase




Percik 2016



Pedoman Pengukuran Capaian Pembangunan Perumahan Dan Permukinan Berbasis Hasil (Outcome)



Belajar Dari Champions



Buku dongeng KSAN



Buku : Kita Bisa



E-survey SABRT

Aplikasi e-Survey Survey AMPL Berbasis Rumah Tangga


Daftar milis_ampl